Polisi Tatap Muka Dengan 4 Kepala Suku Besar di Kabupaten Nabire

Tribratanews.poori.go.id Polda Papua, Polres Nabire Papua – Pertemuan atau Tatap Muka bersama Kapolres Nabire dengan 4 Kepala Suku Besar Kabupaten Nabire, berlangsung diruang kerja Kapolres Nabire, Selasa (23/05/2017).

Ke 4 Kepala Suku Besar Kabupaten Nabire tersebut, Kepala suku besar Wate Didimus Waray, Kepala suku besar Mee Edi Tebai, Kepala suku besar D3N Ayub Wonda dan Kepala suku besar Moni Soter Zongganau.  Yang dipimpin langsung oleh Kapolres Nabire AKBP Sony Sanjaya, SIK serta didampingi Kasat Intelkam AKP Burhanuddin. P dan Kaur Bin Ops Sat Intelkam Polres Nabire Ipda M. Mudasir, S.Sos.

“Saya sebagai Kapolres Nabire mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak kepala suku yang mau hadir memenuhi undangan saya sebagai bentuk silaturahmi antara Polres Nabire dengan para Kepala suku besar di Kabupaten Nabire,” ucap Kapolres Nabire AKBP Sony Sanjaya.

WhatsApp Image 2017-05-24 at 07.36.07

“Mengharapkan agar kepala suku besar untuk dapat berperan aktif dalam membantu Polres Nabire menjaga stabilitas Kamtibmas di Kota Nabire”. Dan meminta agar kedepannya jangan lagi ada kepala Suku yang terjun ke dalam dunia Politik sehingga para kepala suku netral, dapat berdiri ditengah-tengah masyarakat sebagai penengah/orang tua didalam suku masing-masing, ungkap Kapolres Nabire.

“Apabila terjadi permasalahan di masing-masing suku agar kepala suku dapat terjun langsung dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi didalam suku maupun antara suku lainnya,” kata Kapolres Nabire AKBP Sony Sanjaya, SIK, saat menyampaikan pesan/himbauan kepada ke 4 Kepala Suku Besar.

Pada kesempatan tersebut juga, penyampaian dari ke 4 Kepala suku besar, yang intinya, “Memohon agar Bupati Kabupaten Nabire Isaias Douw, S.Sos, MAP agar ikut bertanggung jawab dalam menyelesaikan bila terjadi konflik antara Suku di Kabupaten Nabire”, kata ke 4 Kepala suku besar.

“Kepada Bapak Kapolres Nabire untuk memfasilitasi Bupati Nabire perlunya dilakukan acara Seminar Musyawarah Adat yang melibatkan semua kepala suku yang ada di Kabupaten Nabir, bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan bagi seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Nabire dengan menghilangkan budaya-budaya yang dapat merugikan orang banyak”, sambung ke 4 Kepala suku besar.

WhatsApp Image 2017-05-24 at 07.35.41

Diantaranya menghilangkan budaya-budaya seperti, “Menghilangkan Budaya Denda adat baik sesama orang Papua maupun masyarakat pendatang yang ada di Kabupaten Nabire dan lebih mengedepankan hukum positif/nasional yang berlaku di negara kita Republik Indonesia dan menghilangkan budaya membawa senjata tradisional khususnya panah di dalam kota,” ucap para ke 4 Kepala Suku Besar Kabupaten Nabire, (Didimus Waray, Edi Tebay, Ayub Wonda dan Soter Zongganau), diruang kerja Kapolres Nabire.

Tatap muka Kapolres Nabire bersama Kepala Suku Besar asli Nabire sebagai bentuk silaturahmi Kapolres Nabire dengan Kepala-kepala suku untuk dapat bersama-sama menciptakan stabilitas kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Nabire.

Penulis : Efer Lamba
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Marthen L E

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password