Selain Menilang, Polantas di Kota Tegal Ajak Pelanggar Lalulintas Berdoa

Polda Jateng – Cara unik dan menarik dilakukan anggota Polantas Polres Tegal Kota saat mendapati seorang anak muda yang melanggar lalu lintas. Tak hanya ditilang dan dinasihati, dia mengajak pelanggar berdoa bersama.

Adalah Brigadir H. Partogi Hutapea, yang sehari-hari bertugas di unit pelayanan STNK samsat Kota Tegal. Seperti biasanya bersama seluruh personel lainya melaksanakan pengaturan arus lalulintas aktifitas masyarakat pagi hari. Rabu (04/01/2017).

“Awalnya saya melihat ada anak muda mengendarai kendaraan motor yamaha Mio tidak memakai helm dan kaca spion kendaraan yang terpasang pun hanya satu. Selanjutnya, saya hentikan,” kata Brigadir Partogi Hutapea.

Menurutnya , saat ditanyakan surat kelengkapan diri dan kendaraan ternyata pelanggar yang diketahui bernama Danu Prasetyo (20) belum memiliki SIM serta tidak membawa STNK kendaraan. Karenanya, kendaraan harus diamankan dan ditindak dengan diberi surat bukti penilangan.

img-20170104-wa0021Tetapi ada cara unik dari Brigadir Partogi saat melakukan penilangan pada pagi hari tersebut. Seusai dirinya menilang, ia mengajak sang pelanggar lalulintas yang merupakan warga Rusunawa Sawo barat kelurahan Kraton Tegal itu untuk berdoa bersama.

Dalam doanya, dirinya memohon kepada Allah SWT agar pelanggar dan keluarganya mendapat berkah, diberi keselamatan serta tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama. Tak hanya itu saja, juga memohon agar pelanggar lekas mendapat pekerjaan.

Pelanggar tersebut sempat berterus terang ingin mendapat pekerjaan sehingga dapat memperoleh uang agar bisa digunakan membayar pembuatan SIM dirinya, selanjutnya saya ajak untuk berdoa ,” ujarnya.

Dirinya menambahkan bahwa tidak semua pelanggar lalulintas yang ditemui diajak berdoa bersama. Jika masih masih remaja, selain akan menindak dengan penilangan juga diberi nasihat.

Sementara Kapolres Tegal Kota, AKBP Firman Darmansyah melalui Kasatlantas AKP Sri Ningsing Iriani menilai positif cara simpatik yang diterapkan oleh anggotanya. Sangat Positif dan kreatif dalam menanggani pelanggar,terlebih menghadapi anak muda yang kerap tidak mengindahkan aturan dalam berkendara.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password