Polres Sintang Sambut Kapolres Baru, Dengan Meriah

Tribratanews, polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Sintang – Hari ini, kepemimpinan pejabat Kapolres Sintang resmi diganti. Mantan Kapolres Kapuas Hulu kini menjabat sebagai Kapolres di Sintang. Sementara AKBP Suharjimantoro, mantan Kapolres lama menjabat sebagai Wadir Krimum Polda Kalbar, Selasa ( 23/05/2017), pagi.

Didampingi istrinya, Kapolres baru Sintang AKBP Sudarmin khidmat mengikuti ritual penyambutan adat dayak dan melayu saat tiba di Mapolres Sintang. Hari ini, Akbp Sudarmin, SIK, MH resmi memimpin pucuk kepimimpinan Polres Sintang.

Pejabat lama Kapolres Sintang AKBP Suharjimantoro mengungkapkan, ada satu hal keinginannya yang belum bisa terlaksana sejak menjabat Kapolres selama satu tahun enam hari. Keinginan ini, diharapkan kepada Kapolres Sintang yang baru untuk dapat diwujudkan.

“Ada keinginan yang belum bisa saya laksanakan, karena biayanya besar dan waktu yang tidak cukup. Mungkin bisa disampaikan ke Kapolres baru keinginan saya ini,” kata Suharjimantoro usai memimpin apel serah terima jabatan di Mapolres Sintang, pukul 08.30 wib

Satu keinginannya yang belum tercapai yaitu ingin memasang CCTV di perbatasan. Dengan cara System Monitoring, Comunnication, Command Center (SMC3) ini, menurutnya, akan dapat mengontrol masyarakat yang keluar masuk di perbatasan. Rencanya, akan dipasang kamera tersembunyi di 14 desa yang berada di perbatasan. Setelah kamera itu terpasang, petugas akan rutin melakukan pengecekan.

 “Kamera tersembunyi itu nantinya berfungsi untuk memonitor siapa saja masyarakat yang melintasi jalan-jalan diperbatasan,” ungkapnya.

Menurut Suharjimantoro, kedepan keberadaan CCTV itu dapat bisa langsung oline ke Polres Sintang untuk memonitor keluar masuk masyrakat. Apalagi, Kemenkumham kedepannya akan membuat Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Jasa, Sungai Kelik. “Karena informasi dari Kemenkumham di jasa akan dibangun PLBN, sehingga perlu untuk pengamanan. Pola kamtibmas akan lebih bagus masyrakat yang keluar masuk broder akan ketahuan,” ungkapnya.

Usai tak menjabat lagi sebagai Kapolres, Suharjimantoro berpesan. Kedepan anggota kepolisian yang bertugas di Sintang akan menghadapi dinamika persoalan yang komplek. Untuk mengatasi hal itu, dibutuhkan keterampilan dan memapuan yang teruji. “Kalau tidak makan akan tergilas. Kita bersaing dengan anggota Polri di luar daerah. Seperti di Pontianak dan Jawa. Hebat di Sintang belum tentu hebat di Jawa. Mari buktikan, kalau Polres di perbatasan menjadi unggulan. Bukan seperti yang disampaikan oleh Kapolri, hanya Jawa Timur saja yang unggul,” pesannya.

Kapolres Sintang AKBP Sudarmin memastikan akan menindaklanjuti apa yang sudah dijalankan dan diprogramkan oleh Kapolres yang lama, termasuk keinginannya untuk memasang CCTV di perbatasan.

“Kami akan maksimalkan semua yang telah dicanangkan oleh kapolres lama. Kemudian yang sudah berjalan kami lanjutkan yang belum juga akan kami teruskan. Tentu saya selaku Kapolres akan bekerja untuk masyarakat Sintang dan akan memberikan pelayanan terbaik dan akan samata-mata untuk kemanan Sintang,” jelasnya.

Penulis : Hariyanto
Editor : Umi Fadilah
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password