Tabliq Akbar di Poso : Sarana Mempersatukan Umat dalam bingkai NKRI

Tribratanews.Polri.go.id Polres Poso, Tabliq Akbar Alkhairat Komda  Poso yang dilaksanakan di alun-alun lapangan Sintuwu Maroso Poso menghadirkan pembicara Ketua Umum PB.Alkhairat Hs.Ali Bin Muhammad Aljufri,Pakar Terorisme dan Radikalisme MA,Dr.Lukman S.Tahir,MA,Pakar Politik Islam dan Sejarah Alkhairat. Selasa,23/05/2017.

Dengan mengambil Tema “Sucikan hati Sambut Ramadhan,tebarkan Islam Rahmatan  Lil’Alamin dalam binkai Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Terselenggaranya rangkaian acara tersebut merupakan inisiatif dari Alkhairat KOMDA Poso yang bekerjasama dengan pihak Polres Poso.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Poso Drs.Darmin Agustinus Sigilipu,Wakil Bupati Poso Ir.T.Samsuri,Msi,MM,Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto,SH,S.I.K,Dandim 1307/Poso Letkol Inf.Dody Triyohadi,S.Sos,Danyon 714 SM yang di wakili oleh Dankiban Kapten Aries Soenanto dan Para SKPD lingkup Pemerintah Kab.Poso.

Selain Tokoh Muslim di Kabupaten Poso yakni Ketua Yayasan Amanatul Ummah Poso Ustad H.Adnan Arsal,S.Ag,Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Poso Ustad Arifin Tuamaka,S.Ag,MM,Ketua FPI Poso Sugianto Kaimudin hadir juga Ketua Sinode Pdt. Jeferson Rense dan masyarakat Poso yang ada tinggal di Kota sampai masyarakat yang tinggal di pelosok hadir mengikuti kegiatan tersebut,mereka sangat antusias di perkirakan jumlah masyarakat yang hadir sekitar 4000 orang.

Masih dalam rangkaian kegiatan tersebut juga dilaksanakan Ikrar kesetiaan terhadap NKRI yaitu:

1). Menjaga Ukhuwa dinniyah, ukhuwa wathaniyah dan ukhuwa unsaniyah demi keutuhan NKRI dan umat manusia.

2). Senantiasa meningkatkan keimanan, memperkokoh kebangsaan, menjaga NKRI dan menjunjung tinggi akhlakulkarimah.

3). Membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan pancasila, sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.

Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto,SH.S.I.K saat ditemui awak media menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan yang di selenggarakan oleh KOMDA Alkhairat, Kegiatan seperti ini Kapolres meminta tidak hanya dilaksanakan hanya sekali tetapi diupayakan tetap dilaksanakan di waktu-waktu yang akan datang.Kegiatan yang sangat konstruktif karena pada saat menjelang puasa kegiatan ini dilaksanakan sekaligus sebagai ajang atau sarana untuk mempersatukan umat tidak hanya umat islam tetapi  seluruh umat lintas agama yang tadi kita lihat bersama mereka semua hadir.Seginilah yang akan menguatkan Poso akan mempersatukan Poso yang pernah ada sejarah konflik terdahulu inilah sarana yang sangat bagus untuk menguatkan kembali kaitan dengan hubungan yang sangat kuat antar umat beragama yang ada di Poso,Tutur Beliau.

Penulis : Basirun laele

Editor : Umi Fadilah

Publish : Muchlis

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password