Ombudsman RI Berkunjung ke Polda Maluku.

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku, Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Deden Juhara, didampingi Ketua Ombudsman RI Prof. Amzulian Rifai, Ph.D, Waka Polda Polda Maluku Kombes Pol. Drs. Musa Ginting. Melaksanakan Sosialisasi Nota Kesepahaman antara Polri dengan Ombudsman RI pada beberapa waktu lalu di PTIK Jakarta.

Dalam sosialaisasi tersebut dihadiri Irwasda Maluku Kombes Pol. Drs. Sarono, MH, para Pejabat Utama Polda Maluku, Kapolda Maluku pada kesempatan tersebut dalam sambutannya antara lain menyatakan bahwa Polri melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dan penegakkan hukum yang dilakukan dalam rangka penyelenggaraan negara dan pemerintah, hal ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan, jelas kapolda.

Dikatakan, Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakan hukum  serta memberikan perlindungan, pengayaoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri dan juga memiliki peran untuk mendukung pelaksanaan tugas dan wewenang Ombudsman, ungkapnya.

Dijelaskan bahwa, keberadaan pengawas yakni Ombudsman RI yang secara efektif mampu mengontrol penyelenggaraan tugas aparat penyelenggara Negara sehingga pengawasan pemerintahan bisa lebih kuat dan berjalan secara efektif dan efisien untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, transparan dan responsif terhadap kebutuhan publik.

Kapolda sebelum mengakhiri sambutannya, menambahkan pelaksanaan tatap muka sekaligus sosialisasi oleh Ketua Ombudsman RI terkait dengan Adendum Nota Kesepahaman (MOU) antara Polri dengan Ombudsman RI tahun 2014, maka dengan harapan kiranya dapat dijadikan pedoman dan informasi untuk membangun kerjasama dalam menegakan hukum serfta memberikan kontribusi positif berupa saran masukan dalam pemecahan masalah terkait pelayanan publik khususnya dalam internal Polri sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas kedepan, jelasnya.

Pada kesempatan itu Ketua Ombudsman dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kapolda atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini, dengan beberapa hal yang terkait dengan sinergitas dalam menangani laporan masyarakat saat ini, hal ini karena hubungan masyarakat dengan kelembagaan ombudsman dengan Polri, jelasnya.

Acara sosialisasi ini dilanjutkan dengan tukar menukar Cendramata dari Kapolda Maluku kepada Ketua Ombudsman, kemudian dari Kertua Ombudsman kepada Kapolda Maluku, kegiatan berjalan lancar dan aman.

Penulis  : Arifin Tuharea
Editor    : Umi Fadilah
Publish  : Rifan Tulak

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password