Usai Upacara Peringatan Harkitnas, Kapolres Brebes Sidak Lapas Kelas 2 B Brebes

Tribratanewspolri.go.id, Brebes – Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan SIK MH MSi usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang dilaksanakn di Alun-alun Brebes langsung melaksanan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan (Laps) kelas IIB Brebes, Jawa Tengah, Senin (22/5/2017).

Lokasi Lapas Brebes yang berada tidak jauh dari alun-alun ini langsung dimanfaatkan Kapolres untuk bisa berkunjung dan berkomunikasi langsung dengan petugas Lapas.

Ditemani oleh Wakapolres Kompol Mashudi dan Kasat Sabhara AKP Guritno, rombonagan Kapolres diterima langsung oleh Kalapas Maliki SH MH.

Disampaikan AKBP Luthfie bahwa kunjungannya ke Lapas adalah untuk bersilaturahmi dan menjalin konikasi menyingkapi kaburnya warga binaan di beberapa daerah. Selain melihat dari dekat kondisi dan sejumlah ruangan lapas, Kapolres bersama rombongan juga melakukan dialogis dengan sejumlah warga binaan. Pihaknya juga memberikan motivasi dan sarana kontak kepada penjaga Lapas.

“Ini upaya kami dalam mengantisipasi kejadian kaburnya para narapidana dari Lapas dengan membangun komunikasi bersama pihak Lapas Brebes,” tutur AKBP Luthfie didampingi Kepala lapas Brebes Maliki.

Menurutnya bagaimana menginventarisir kegiatan dan permasalahan disini seperti over kapasitas maupun kondisi lapas itu sendiri. Selain, dengan kendala-kendala di internal lapas kaitanya dengan keterbatasan personel agar bisa bersinergi.

Lebih lanjut, dikatakan dengan kondisi lapas dengan ratusan warga binaan ini, namun hanya dijaga beberapa anggota saja. Sehingga kapan saja diperlukan, jajaranya siap membantu dengan melakukan penebalan anggota.

“Jadi untuk mengantisipasi, kita lakukan upaya ini dan nanti secara berkesinambungan akan diatur bersama pihak Lapas,” jelasnya.

Sementara itu, Kalapas Maliki, mengungkapkan saat ini jumlah penghuni lapas Brebes sebanyak 239 orang, sedangkan kapasitas hanya 160 orang sehingga termasuk kategori over kapasitas. “Namun alhamdulillah sampai saat ini aman,” kata Maliki. (Hms Res BBS)

Penulis : sarinto

Editor  : Umi Fadilah

Publish: Sarinto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password