Ari Wibowo : Polisi Itu Gagah

img-20170105-wa0173Tribratanews.polri.go.id – Sejak kecil mengidolakan ayahnya yang seorang Polisi. Pria berpenampilan sederhana, kelahiran Jakarta, 26 Maret 1974 ini, telah membuktikan kepada keluarganya bahwa ia mampu meneruskan jejak sang ayah sebagai anggota Polri.

img-20170105-wa0179

Sejak kecil, saya sudah bercita-cita jadi polisi. Saya melihat saat ayah saya pakai segaram polisi, rasanya kok gagah betul. Makanya, sejak kecil saya sudah suka seragam polisi dan sering saya pakai. Dan akhirnya saya pun bisa mengikuti ayah dan mengabdi untuk negara untuk memberikan pelayanan dan keamanan untuk masyarakat,” ujar AKBP Ari Wibowo kepada tribratanews.polri.go.id beberapa waktu lalu di ruang kerjanya.

Sebagai keluarga polisi, Ari Wibowo kecil bersama empat saudara kandungnya kerap berpindah-pindah kota dan daerah karena mengikuti ayahnya bertugas. Mulai dari Aceh, Palembang, Jakarta hingga kota-kota lainya. ”Kami empat bersaudara, dua laki-lai dan dua perempuan. Saya adalah anak paling besar. Karena orangtua polisi jadi sering ikut berpindah-pindah tugas. Pernah sampai ke Aceh, Palembang, Jakarta,” sebutnya.

img-20170105-wa0174

Diceritakan AKBP Ari Wibowo, “ada hal-hal yang tak bisa dilupakan oleh dirinya ketika hidup bersama orangtua dan saudara-saudaranya disaat masa-masa sulitnya”.

Bapak saya kan polisi, jadi gajinya kan nggak besar. Saya ingat dulu ibu saya harus membagi-bagi penghasilan orang tua saya. Misalnya lebaran tahun ini yang dibelikan baju adik saya yang paling kecil, tahun depannya adik saya yang nomor dua. Itu yang sangat berkesan,” bebernya.

img-20170105-wa0172

Putra pasangan Drs Miswanto Surip dengan Tri Karsini ini mengatakan, hidup dalam lingkungan keluarga polisi sejak kecil membuatnya terbiasa hidup mandiri dan bertanggung jawab. Sejak kelas 1 Sekolah Dasar (SD), Ari Wibowo kecil sudah terbiasa untuk pergi dan pulang sekolah sendiri tanpa diantarkan oleh orangtua dengan menaiki angkutan umum.

Sejak dari kecil sudah terbiasa dididik untuk mandiri. Kelas 1 SD itu distopin Kopaja (angkutan umum). Begitu sudah sunat, dapat sepeda dan naik sepeda sendiri pergi ke sekolah,” kenangnya.

img-20170105-wa0175

Meski sudah jadi polisi, perjalanan hidup AKBP Ari Wibowo tidak mulus, masa-masa sulit pun dialami saat berdinas. ”Istri saya yang pertama sakit sampai meninggal dalam kondisi yang serba sulit. Tapi saya tidak pernah berputus asa, saya punya keyakinan kalau kita dekat dengan tuhan pasti ada jalan,” jelasnya.

Dalam hidupnya ia selalu berprinsip, apapun persoalanya baik dalam keluarga, pekerjaan atau apapun permasalahannya pasti akan ada jalan jika kita mendekatkan diri dengan Tuhan. “Apapun permasalahannya, pasti akan ada jalan keluar kalau kita dekat dengan Tuhan,” tandas AKBP Ari Wibowo.

Bagi ayah tiga anak ini, keluarga merupakan segalanya. Keluarga merupakan tempat paling istimewa bagi siapapun, tak terkecuali AKBP Ari Wibowo. “Isteri dan anak merupakan sumber inspirasi saya, keluarga adalah segalanya. Berkumpul dengan istri dan anak atau sekedar jalan atau makan, akan mengurangi segala permasalahan yang kita hadapi,” ujarnya, mengakhir perbincangan.

Profil Kapolres Pelalawan

Nama : Ari Wibowo SIK

Tempat/Tgl.Lahir: Jakarta/26 Maret 1974

Pendidikan:

SD, SMP, SMA, Akpol, PTIK, Sespim Polri

Pengalaman Tugas:
Pamapta Polres Donggala Polda Sulteng, Kapolsek Biromaru Polda Sulteng, Danton Taruna Akpol, Kasat Reskrim Polres Kudus Polda Jateng, Kasat Intelkam Polres Salatiga Polda Jateng, Kasubbag Serse Polwil Cirebon Polda Jabar, Wakapolres Ciamis Polda Jabar, Kbg Bin Ops Ro Ops Polda Malut, Kasubbag Min/Bin Korbintarsis Akpol, Kapolres Inhu Polda Riau, Kapolres Pelalawan Polda Riau.

Isteri: Imelda Afrina SE

Anak-anak: 1. Arini Puspita Dewi, 2. Rafa Almero, 3. Mohammad Dimas Haryo Seno

Ayah: Drs Miswanto Surip

Ibu: Tri Karsini

Saudara Kandung: 1. Diah Indiana Dewi, 2. Andiko Wicaksono, 3. Yunia Prihatiningrum

(Humas pllwn/madi)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password