Bakti Sosial Bhabinkamtibmas Polsek Jatilawang Banyumas Jelang Puasa

WhatsApp Image 2017-05-22 at 16.41.07

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H/2017 M, Polsek Jatilawang, Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah bersama masyarakat, Kades dan perangkat Desa Tunjung melaksanakan bakti sosial, Senin (22/5).

Bakti sosial yang dilaksanakan adalah resik kubur/membersihkan areal makam yang berada di wilayah Desa Tunjung, karena tradisi masyarakat Desa Tunjung menjelang bulan suci Ramadhan banyak masyarakat yang melaksanakan ziarah kubur.

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum melalui Kapolsek Jatilawang AKP Sukandar mengatakan bahwa dalam kegiatan ini, Bhabinkamtibmas Aipda Kuswanto, S.H bersama dengan warga setempat melaksanakan bakti sosial membersihkan makam.

“Kegiatan tersebut diikuti oleh warga Desa Tunjung dan warga sekitar pemilik ahli waris yang di makamkan di pemakaman umum desa tersebut.”, ucapnya.

Sementara itu Kepala Desa Tunjung, Sahid menjelaskan bahwa kegiatan bersih pemakaman merupakan tradisi turun temurun dari tahun ketahun setiap kali menjelang Ramadhan.

“Tujuan dilaksanakannya resik kubur adalah agar para peziarah menjadi mudah dan merasa nyaman tidak terhalang rerumputan maupun segala bentuk kotoran dan sampah yang tidak layak berada di area makam. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan warga dari 4 rukun warga dan 56 rukun tetangga yang ada serta membersihkan 3 tempat pemakanaman umum.”, jelas Kades.

Lebih lanjut Kapolsek mengatakan disela-sela mengikuti kegiatan bakti sosial, Bhabinkamtibmas Aipda Kuswanto memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan agar tidak mengganggu proses jalannya ibadah puasa.

“Kita mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada dan jangan lupa mengunci pintu, kendaraan, serta perabotan rumah seperti kompor pastikan sudah dimatikan saat akan berangkat trawih.”, imbuhnya.

Penulis : Hastomo Humas Polsek Jatilawang

Editor : Umi Fadilah

Publish : Frismi Zusyi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password