TEMUKAN 9 BOM AKTIF : Unit Penjinak Bom Gegana Polda NTB Gesit Lakukan Pendisposalan

tribratanews.com, Mataram – 4 Januari 2016  Unit  Jibom subden 3 Detasemen Gegana Sat Brimob Polda NTB bertempat di lapangan tembak Brimob Sumbawa hari ini telah melakukan pendisposalan (peledakan) 9 buah bom temuan terdiri dari 8 Bom temuan jenis mortir dan 1 Bom temuan jenis Geranat tangan,  Bom  ini diperkirakan merupakan peninggalan perang dunia ke II ,  bom yang di musnahkan ini  jenis mortir merupakan standar militer yang  masih aktif,  berdasarkan laporan masyarakat ditemukan di Dusun Bajo Medang, Pulau Medang—Labuhan Badas sedangkan 1 Buah Granat ditemukan di  Desa Lape, Kecamatan Lape  Sumbawa, masyarakat yang waktu itu  melapor ke polres tentang adanya temuan Bom dan Unit Gegana yang menerima Laporan dari Polres tentang adanya laporan masyarakat yang menemukan  Bom, setelah mempersiapakan peralatan bergerak  menuju lokasi untuk melakukan pengecekan dan benar temuan itu adalah Bom jenis Mortir selanjutnya mengamankan temuan tersebut sama halnya dengan temuan Granat selanjutnya Bom tersebut disimpan di Mako Brimob Sumbawa.

Kanit 1 Subden 2 den Gegana Iptu Yuswanto menyampaikan kepda tribratanewsntb.com “Bom jenis Mortir hasil temuan masyarakat ini sejak 2016 lalu kita amankan di Mako, Bom ini masih aktif, melihat kondisinya yang sudah berkarat dikhawatirkan akan beresiko meledak dan membahayakan bila disimpan terlalu lama, untuk itulah kita melakukan pemusnahan dengan cara menisposal agar tidak menjadi masalah kemudaian hari, tentunya pendisposalan kami lakukan secara profesional sesuai dengan prosedur dan Tahapan yang berlaku, setelah melalui pertimbangan dan ini sudah dilaporkan kepada Kasat Brimob Polda NTB melalui Kaden Gegana di Mataram .” demikian ungkapnya.

pendisposalan Bom yang dilakukan oleh unit Penjinak Bom (Jibom) Subden 2 Den Gegana Sat Brimob Polda NTB  dilakukan  di Lapangan Tembak Brimob Sumbawa. Kapolres Sumbawa AKBP Muhammad S.I.K,. yang hadir di Mako Brimob menyaksikan langsung proses Pendisposalan Bom Temuan tersebut dan kegiatan pendisposalan berjalan dengan lancar.

Kasat Brimob Polda NTB Kombes Pol Taufiq Hidayat, S.H. membenarkan adanya pendisposalan 9 Bom di Mako Brimob Sumbawa dikatakan ” Pemusnahan 8 Bom Jenis Mortir dan 1 Geranat yang dilakukan di sumbawa terkait demi keamanan anggota karena bila di simpan terlalu lama dengan konsdisi seperti itu suatua hari nanti akan sanagat membahayakan karena akan rentan meledak, kita tidak akan ambil resiko untk itu dan memang sebaiknya dimusnahkan”.

pada kesempatan itu Kasat Brimob Polda NTB jug menghimbau kepada Masyarakat bila menemukan indikasi atau mencurigai adanya bahan peledak agar segera melapor ke Polisi Terdekat atau dapat langsung melapor ke Penjagaan Brimob atau dapat menghubungi Central Brimob di Line Telpon 0370. 644276 dan dihimbau juga kepada masyarakat bila menemukan amunisi atau apapun yang berhubungan dengan  bahan peledak jangan mencoba untuk menyimpannya selain berbahaya itu melanggar hukum segeralah melapor untuk mendapatkan penanganan dan pengamanan.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password