Polsek Laweyan Surakarta Mengamankan Acara “Pojok Baca Rangsang Generasi Muda Gemar Membaca” oleh Gibran

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta – Polsek Laweyan pada Sabtu malam (20/05/2017) pukul  20.00 – 21.30 WIB mengamankan acara  Launching Pojok Baca dengan tema “Pojok Baca Rangsang Generasi Muda Gemar Membaca”. Bertempat di warung Markobar Jl. Sutowijoyo Penumping Laweyan Surakarta acara ini dihadiri sekitar 80 orang.

Yang menarik dari acara imi adalah dihadiri oleh pemilik warung Markobar Gibran Rakabuming Raka (anak 1 Presiden RI), yang juga sebagai Duta Baca Indonesia Najwa Shihab (Penyiar Metro TV), dan Pengurus Pusat Forum Baca Masyarakat Zais Ahsoul, serta para pengunjung warung Markobar.

Gibran Rakabuming Raka membuka dengan cerita tentang kebiasaan di masa kecilnya. “Dari kecil bapak ibu saya menekan untuk membaca buku apa saja, entah itu komik/pelajaran, yang penting membaca 30 menit sampai 1 jam dalam sehari”.

Sementar itu Najwa Shihab juga menyampaikan pendapatnya, “Buku adalah salah satu audiobook, membaca itu untuk mengasah otak untuk bisa menemukan apa makna di dalam isi buku tersebut dan akan tahu apa alur cerita yang di maksud di dalam buku tersebut. Kalau di Malaysia buku dijual murah bahkan dibagikan oleh pemerintahan Malaysia, akan tetapi di Negara Indonesia kita ini kenapa buku sangat mahal harganya sampai-sampai ada anak sekolah yang tidak mampu untuk membeli buku. Itu sangat menyedihkan dan akan menurunkan generasi muda yang akan datang”.

“Kenapa Pojok Buku bertempat di Markobar? Pojok Buku mempunyai misi untuk meningkatkan penetrasi Iiterasi namun dengan cara yang tidak biasa. Markobar merupakan icon nongkrong tempat anak muda menghabiskan waktu bersama teman dan sahabat. Markobar dinilai tempat yang pas untuk kampanye gemar membaca untuk generasi muda. Kebiasan nongkrong akan bernilai positif jika diselingi juga dengan membaca. Pengunjung Markobar bisa membaca buku yang disediakan sepuasnya, akan tetapi tidak untuk dibawa pulang”, sambungnya.

Kegiatan Launching Pojok Baca ini berlangsung hingga pukul 22.00 WIB dalam situasi aman dan lancar.

Penulis : Heri Laweyan
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password