CEGAH PERILAKU KORUPTIF : Melalui Games, Para Polwan Cantik Ini Tanamkan Nilai-nilai Anti Korupsi Kepada Ibu Bhayangkari

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Puluhan istri polisi (Bhayangkari) Ranting Polsek Barebbo Cabang Bone berkumpul di suatu ruangan Kantor Polsek Barebbo. Wajah-wajah gembira itu, terlihat antusias saat bermain Sembilan Nilai Antikorupsi (Semai), games yang memperkenalkan 9 nilai integritas yang dipandu oleh Para srikandi Polwan Polres Bone, Rabu (04/01/2017).

“Games dalam Semai ini didesain dengan soal-soal dan contoh-contoh yang dialami sehari-hari oleh mereka. Dalam permainan tersebut terdapat penanaman nilai-nilai antikorupsi, karakter, dan perilaku,” ujar Brigadir Ayudevi saat dikoonfirmasi.

Nilai-nilai yang disebarkan dalam permainan semai itu yakni kesederhanaan, Kegigihan, Keberaniaan, Kerjasama, Kedisiplinan, Keadilan, Kejujuran, Bertanggung jawab dan Kepedulian. Dalam games ini, setiap pemain diminta untuk mengocok satu soal yang tertulis dalam gulungan kertas. Dalam kertas itu tertulis pertanyaan nilai integritas. Soalnya seperti, bagaimana tanggapan Anda tentang memberikan sesuatu barang kepada seseorang?

“Dengan pertanyaan ini ingin berdiskusi dengan mereka yang intinya mengajarkan bahwa gratifikasi merupakan bagian dari perbuatan koruptif” jelasnya.

Yuyun sapaan Brigadir Ayudevi yakin dengan permainan semai ini pencegahan korupsi dapat tersemai dalam diri anak-anak sejak dini hingga ke orang tua.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya. KPK melalui agen Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) Indonesia Timur, telah melakukan sosialisasi antikorupsi kepada para Polwan dan PNS Polres Bone serta segenap Ibu-ibu PKK Kabupaten Bone di Aula Polres Bone. Rabu (04/01/2017) pagi.

Games SEMAI merupakan salah satu dari lima jenis permainan edukatif untuk mensosialisasikan nilai-nilai integritas dan antikorupsi pada program SPAK. Kemudian, upaya untuk menyosialisasikan integritas dan nilai antikorupsi, diperluas kepada segmen anak-anak dan remaja. (Andy31)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password