Peringatan HUT Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) ke-44 di Pantai Depok Bantul

Tribratanews.polri.go.id – JOGJA-

Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia DR. (HC) Susi Pudjiastuti menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) yang ke 44. Peringatan ini dipusatkan di Pantai Depok, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Minggu, (21/05/2017).

 

Dalam sambutannya, Menteri Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa Presiden menginginkan indonesia sebagai poros maritim dunia dan menjadikan laut menjadi masa depan bangsa.

 

“Laut kita harus kaya, harus ada sumber nya, baik ikan maupun tambangnya,” tegasnya di hadapan sekitar 500an tamu undangan.

 

Susi mengatakan jika ingin indonesia berdiri sampai beratus abad yang akan datang, maka sebagai bangsa yang besar, jangan sampai asing menguasai sumberdaya Indonesia yang melimpah.

 

“Saya kenapa begitu keras dalam memerangi illegal fishing. Atau yang dinamakan pencurian ikan. Karena laut kita panjang pantainya nomer 2 di dunia dan nomer 3 di asia tenggara tentang produksi ikannya. Saya tahu tugas kita sangat berat. Harus mengurai illegal fishing yang berjalan dari jaman lampau,” ujar Susi yang disambut tepuk tangan.

648f8c9e-f450-4f25-8520-01f06d9fbbf4

Sambung Susi, Perikanan Indonesia sudah sangat luar biasa beruntung dibanding negara tetangga. Dengan mengurangi illegal fishing 2,5 th yang lalu. Tiap tahun pendapatan penangkapan ikan naik. Diperkirakan tahun ini 12 juta ton ikan yang ditangkap.

 

“Saya bukan super women, hanya seseorang menteri. Kerja yang sebaik mungkin. Bekerjasama dengan semua instansi dengan baik. Saya ucapkan terimakasih atas semua dukungan thd program Kementerian. Kita akan selalu mendorong hnsi untuk kejsehateraan nelayan indonesia. Saya yakin indonesia akan jaya. Maritim nya akan hebat,” tegas Susi mengakhiri sambutan.

 

Pada acara Peringatan Hari Ulang Tahun HSNI ini, turut hadir Kapolda DIY Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si, Danlanal Yogyakarta Letkol Laut (P) Arya Delano, S.E., M.Pd., sedangkan dari Pengurus Besar HNSI yaitu Ketua HSNI Mayjen (Purn) Dr. H. Yussuf Solichien M, MBA, Ph.D, para pengurus Wilayah DPP/DPC HSNI.

 

Di akhir acara dilakukan sedekah laut berupa pelarungan sesaji makanan ke Pantai Selatan sebagai Simbol Kejayaan Nelayan dan Laut Indonesia.

Penulis : dhenyy
editor : Umi Fadilah
publish : jay

Admin Polri54013 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

1 Comment

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password