Bripka Karno Jaya, Bhabinkamtibmas yang Berhasil Memanfaatkan Lahan Untuk Berkebun Bersama Warga

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Disela-sela kesibukan menjalankan tugasnya sebagai seorang anggota Polri yang berdinas di Polsek Matuari Kota Bitung, Bripka Karno Jaya juga menyempatkan diri untuk berkebun.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Sagerat Weru Satu, Kecamatan Matuari ini menggarap lahan seluas sekitar 3 hektare, di wilayah Kelurahan Sagerat Weru Dua. Di kebun tersebut, Bripka Karno menanam 12 ribu pohon cabai keriting dan 30 ribu pohon tomat.

Tak bekerja sendiri, Bripka Karno turut memberdayakan para warga di desa binaannya untuk menggarap lahan tersebut. “Dalam seminggu bisa panen sampai dua kali, tergantung permintaan pedagang pasar,” ujarnya sambil tersenyum bangga.

Hasil kebun, lanjutnya, dijual ke beberapa pasar yang ada di Kota Bitung bahkan hingga ke Kota Manado. “Hasilnya lumayan. Bisa untuk menambah biaya kebutuhan rumah tangga dan biaya sekolah dua anak saya. Warga sekitar juga mendapat tambahan penghasilan,” terang suami dari Ester Pangkey ini.

panen-1

Saat panen raya, Jum’at (19/05/2017) sore, Bripka Karno kedatangan tamu spesial yakni Kapolres Bitung, AKBP Philemon Ginting didampingi Wakapolres, Kompol Suharman Sanusi, para pejabat utama dan Kapolsek Matuari. Ini dilakukan Kapolres usai melepas 15 ribu bibit ikan di Kelurahan Sagerat.

Tak segan-segan, Kapolrespun langsung ikut memetik cabai dan tomat. “Mantap. Upaya memanfaatkan lahan yang mendatangkan keuntungan tanpa mengesampingkan tugas pokok sebagai anggota Polri,” ujar Kapolres. “Semoga ini bisa menjadi contoh dan motivasi bagi personel Polres Bitung lainnya, tak hanya di bidang pertanian namun juga bidang lain misalnya perikanan,” pungkasnya.

Penulis: Rony
Editor: Umi Fadilah
Publish: Rony

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password