Gowes Sejauh 40 Kilometer, Wakapolda Sulsel Sapa Masyarakat Makassar

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Gatot Eddy Pramono bersama komunitas Sepeda Pallawa Cycling Club kembali mengisi akhir pekan dengan olahraga bersepeda, Minggu (21/5/17).

Olahraga bersepeda kali sekaligus memantau situasi kamtibmas dan menyapa masyarakat Kota Makassar jelang Bulan Suci Ramadhan.

Rombongan memulai gowesnya dari Rumah Jabatan Wakapolda Sulsel di Jalan Mongisidi, selanjutnya Wakapolda Sulsel dan Rombongan bergerak menuju Jalan Bulukunyi, Jalan Rusa, Jalan Gunung Latimojong, Jalan Pannampu dan berbelok kearah Jalan tol Reformasi, terus menuju bundaran Perlimaan Bandara Sultan Hasanuddin, berbelok kembali ke Pinggir Tol, tembus di teuku umar, jalan Pannampu, Cakalang, jalan Yos Sudarso, jl tentara pelajar, jalan Andalas dan Finish di Toko Roti Mo jalan Gunung Latimojong.

“Kira kira sejauh 40 kilometer, ditempuh dengan waktu 1 Jam 15 Menit,” kata Patwal Wakapolda Sulsel Aiptu Riady

Sementara itu Wakapolda Sulsel mengatakan dengan adanya kebersamaan melalui ajang gowes kamtibmas ini diharapkan bisa memantapkan kondisi kamtibmas di wilayah hukum Polda Sulsel khususnya di Kota makassar menjelang Ramadhan.

“Selain untuk kebugaran dan kesehatan tubuh,juga untuk memantau situasi, aktifitas, serta menyapa masyarakat secara langsung jelang Bulan Ramadhan,” ucap Wakapolda Sulsel.

Bersepeda merupakan olahraga yang tengah diminati oleh masyarakat, hampir setiap hari bisa melihat orang bersepeda. Sebenarnya apa saja manfaat dan efek samping bersepeda bagi kesehatan?

Sepeda pertama kali diperkenalkan di Eropa sekitar akhir abad ke 19, setelah itu mulai menyebar hingga ke Amerika Serikat dan kini hampir ke seluruh dunia. Latihan ini dikenal sebagai salah satu bentuk olahraga yang murah dan bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Untuk itu ketahui beberapa manfat dari bersepeda bagi kesehatan, seperti dikutip dari Livestrong dan 24hrfitness.co.uk :

Manfaat sepeda

  1. Sepeda membantu membentuk tubuh dan memberikan energi. Saat bersepeda gerakan yang dilakukan turut membentuk, menguatkan serta mengencangkan paha, otot betis dan daerah panggul. Selain itu lemak di daerah ini akan berkurang dan diganti oleh otot.
  2. Turut membantu mengurangi selulit di paha, serta mengurangi stres di daerah lutut dan pergelangan kaki dibanding dengan kegiatan lain seperti berjalan atau latihan aerobik.
  3. Sepeda membantu melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke semua otot seluruh tubuh.
  4. Bersepeda diyakini bisa meningkatkan perlindungan tubuh terhadap berbagai penyakit seperti diabetes karena membantu menurunkan berat badan serta menghindari tekanan darah tinggi.
  5. Sepeda bisa membantu mengurangi kadar stres, hal ini karena umumnya orang melakukan sepeda sambil santai dan menghitup udara segar.
  6. Sepeda baik untuk kesehatan kardio (jantung), olahraga sepeda bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password