Polsek Laweyan Surakarta Memberi Penyuluhan Hukum tentang KDRT kepada Warga Kelurahan Pajang

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta – Kepala Seksi Hukum (Kasikum) Polsek Laweyan Surakarta IPTU Endang.TH, SH pada Sabtu malam (20 /05/2017) hadir dan menjadi narasumber pada acara Sosialisasi Tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Bagi Masyarakat Pajang Laweyan Surakarta .

Acara yang digelar mulai pukul 19.30 WIB di Balai Kelurahan Pajang Laweyan Surakarta ini diselenggarakan oleh Humas Sekda Kota Surakarta dan diikuti oleh lebih kurang 100 peserta.

Acara ini dihadiri juga oleh Plt. Lurah Pajang Endang Sabar S.Sos MM, Narasumber Dyah Ayu W dari Kalkus Perempuan Kota Surakarta, Bhabinkamtibmas Pajang Bripka Slamet Widodo, Babinsa Pajang Serda Parwan dan TPKK Pajang.

IPTU Endang TH, SH pada penyampaian materinya menerangkan mengenai UU NO 23 TH 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, hal-hal mengenai pengertian-pengertian, bentuk kekerasan dan ketentuan pidana. Ditambah juga materi diluar itu dengan penjelasan mengenai upaya-upaya pencegahan KDRT, skema atau mekanisme pelaporan serta persyaratan yang harus dibawa saat pelaporan.

Diharapkan dengan diselenggarakannya acara ini masyarakat bisa memahami apa dan bagaimana penanganan terhadap kasus KDRT. Banyak warga masih menganggap bahwa pertengkaran dalam keluarga (Suami dan Istri) adalah hal biasa dan menjadi.masalah keluarga dan tidak.bisa dan di anggap bukan tindak pidana. Padahal yang betul.adalah bahwa kekerasan dalam.rumah tangga jika terjadi pertengkaran dan pertengkaran itu menyebabkan kekerasan ( memukul, Menendang,menempeleng bahkan sampai.melukai ) hal itu adalah merupakan tindak.pidana. sehingga masyarakat tidak perlu ragu dan bingung untuk melapor kepada Kepolisian apabila menjumpai kasus KDRT terjadi baik di dalam keluarga maupun lingkungannya.

Penulis : Heri Laweyan
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password