Sambangi Komunitas Otomotif, Satlantas Polres Soppeng Sosialisasi Kamseltibcar Lantas

Tribratanews.polri.go.id – Soppeng Sulsel, Satuan Lalu Lintas Polres Soppeng terus berupaya untuk memberikan kesadaran akan pentingnya mematuhi aturan berlalu lintas kepada masyarakat, seperti halnya yang dilakukan malam ini, Sabtu 20/5/17, saat memberikan himbauan tertib berlalu lintas kepada Komunitas Otomotif di Lapangan Gasis Watansoppeng.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasat Lantas Polres Soppeng AKP Muhammad Yusuf, didampingi Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Soppeng Aiptu H. Mahmuudin.

Dalam kesempatan tersebut Kasat Lantas menyampaikan pentingnya mematuhi aturan berlalu lintas ketika berkendara dijalan raya. Karena sebagian besar kecelakaan terjadi karena adanya pelanggaran sebelumnya. Untuk itu guna meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas maka setiap pengendara harus selalu mematuhi aturan berlalu lintas dimanapun dan kapanpun.

Ia menghimbau agar selalu membawa surat-surat kelengkapan seperti SIM dan STNK serta kelengkapan berkendara lainnya seperti helm berstandar SNI untuk motor dan Safety Belt untuk pengendara Mobil. Selain itu disampaikan pula kepada komunitas otomotif baik motor dan mobil agar dalam memodifikasi kendaraannya harus memperhatikan fungsinya dan jangan sampai melanggar peraturan lalu lintas.

Lebih lanjut, ia menghimbau kepada seluruh peserta untuk selalu mentaati tata tertib berlalu lintas dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Selalu utamakan “safety riding” dalam berkendara, hargai pengguna jalan yang lain, dan perhatikan etika berkendara. Komunitas otomotif harus bisa menjadi contoh yang baik bagi pengendara lain dan menjadi Pelopor Keselamatan Berlalulintas, jauhi kesan negatif dengan sopan dan tertib dijalan.

Sebagai negara hukum, segala prilaku pengendara diatur dalam aturan hukum yaitu dengan kewajiban mematuhi Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dikeluarkannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 bertujuan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas).

Terwujudnya etika berlalu lintas adalah citra budaya bangsa, terwujudnya penegakan dan kepastian hukum bagi masyarakat. Sesempurna apapun aturan tidak akan secara otomatis atau serta merta mampu mengubah keadaan menjadi sesuai yang diinginkan, seperti mengubah kesemrautan menjadi tertib, mengubah perilaku yang tidak taat peraturan menjadi patuh dan taat.

Kalau kita memang tidak melanggar aturan dan selalu mematuhi rambu-rambu, apa yang harus ditakutkan? Pada saat hendak menggunakan kendaraan bermotor kita jangan sampai lupa menggunakan safety, seperti helm sebagai pelindung kepala. Pastikan berperilaku tertib, dengan berhenti di traffic light pada garis batas, dan tidak memenuhi jalan sehingga menutup akses kendaraan dari arah berlawanan.

Setiap pengendara kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor harus mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, semua pengendara motor harus mempelajari dan memahami peraturan lalu-lintas, karena polisi akan memberikan sanksi kepada orang-orang yang melanggar peraturan lalu-lintas di jalan raya. Di samping itu perlu juga diketahui pelanggaran-pelanggaran lalu lintas apa saja yang bisa terkena tilang dari polisi lalulintas.

Penulis : Sumarwan

Editor : Umi Fadilah

Publish : Sumarwan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password