Tingkatkan Pelayanan Publik, Polres Parepare Bentuk Pengaduan Online

Tribratanews.polri.co.id –Parepare, Satu lagi trobosan Polres Parepare dalam rangka meningkatkan pelayanan public, dimana inovasi ini adalah hasil dari kerjasama Kemenpan dan RB beserta Kantor Staf Presiden melalui media online, yaitu Sistem Pelaporan Pengaduan Pelayan Publik Nasional (SP4N), hal ini dilakukan guna meningkatkan layanan pengaduan masyarakat sehingga memudahkan warga untuk menyampaikan keluhannya dimanapun ia berada dan layanan ini diharapkan lebih akurat dari segi waktu.

Selain itu Satuan intelkam hari ini resmi membuka layanan online melalui wesbsite http://intelkamrespare.com/ sehingga masyarakat dapat melakukan registarasi permohonan SKCK melalui media bahkan melalui hendpone Android anda dapat melakukan registrasi selain itu masyarakat juga dapat mengkoneksikan website tersebut dengan akun Facebooknya sehingga dapat melakukan chat dan balasan langsung dari operator  yang menangani jadi tunggu apa lagi segera kunjungi website tersebut karena banyak fitur yang dapat dan ketahui termasuk data ranmor yang terdaftar di wilayah kota parepare,

Menurut salah satu personil Polres Parepare yang mengelolah aplikasi tersebut bahwa sejak Sabtu (20/05) pukul 18.00 wita aplikasi / situs pengaduan online telah berhasil diterapkan dan saat ini sudah dapat digunakan tinggal kelik “ https://lapor.go.id/ atau sms dengan format ketik POLRESPARE (spasi) ISI ADUAN kirim ke 1708” tinggal menunggu balasan dan segera ditindak lanjut personil polres parepare.

Ia juga menambahkan bahwa para pelapor jangan khawatir dengan informasi yang diberikan, menurutnya semua laporan yang anda berikan baik melalui situs online maupun SMS pengaduan dapat dirahasiakan karena hanya operator sendiri yang mengetahui kontak para pelapor.

INTEL

Sementara Kapolres Parepare Akbp Pria Budi S.I.K, M.H berharap semoga dengan adanya layanan pengaduan online ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya warga kota parepare sehingga apa yang menjadi keluhan serta informasi masyarakat dapat kami tindak cepat mengingat efisien waktu pelaporan melalui media online yang kami aktifkan selama 1 x 24 jam lebih cepat dan terarah” ujarnya.

Gebrakan yang dilakukan Polres Parepare dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sejalan dengan 11 program promoter (profesional, modern dan terpercaya) Kapolri.

Program “Promoter” yaitu Profesional, Modern dan Terpercaya, merupakan program prioritas Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian, yang mempunyai penjabaran yaitu :

Profesional: Meningkatkan kompetensi SDM Polri yang semakin berkualitas melalui peningkatan kapasitas pendidikan dan pelatihan, serta melakukan pola-pola pemolisian berdasarkan prosedur baku yang sudah dipahami, dilaksanakan, dan dapat diukur keberhasilannya.

Modern: Melakukan modernisasi dalam layanan publik yang didukung teknologi sehingga semakin mudah dan cepat diakses oleh masyarakat, termasuk pemenuhan kebutuhan Almatsus dan Alpakam yang makin modern.

Terpercaya: Melakukan reformasi internal menuju Polri yang bersih dan bebas dari KKN, guna terwujudnya penegakan hukum yang obyektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan.

Untuk mewujudkan Polri yang Promoter, maka dapat dijabarkan lagi kepada 11 Program Prioritas Kapolri dalam rangka menuju Polri yang Profesional, Modern, dan Terpercaya (Promoter) diantaranya : Pemantapan reformasi internal Polri, Peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis TI, Penanganan kelompok radikal prokekerasan dan intoleransi yang lebih optimal, Peningkatan profesionalisme Polri menuju keunggulan.

Berikutnya yakni peningkatan kesejahteraan anggota Polri, tata kelembagaan, pemenuhan proporsionalitas anggaran dan kebutuhan Min Sarpras, bangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas, penguatan Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), penegakan hukum yang lebih profesional dan berkeadilan, Penguatan pengawasan, dan terakhir Quick Wins Polri.

Tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja Polri, ketika Jenderal Polisi Tito Karnavian baru menjabat Kapolri pertengahan tahun 2016, citra polisi berdasarkan survei berada di posisi tiga terendah. Namun, perlahan citra Polri membaik dengan sejumlah program baru yang dicanangkan.

Penulis : Qadri

Editor : Umi Fadilah

Publish : Sumarwan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password