Polres Mimika dan Managemen PT. Freeport Indonesia Rapat Koordinasi

 Tribratanews.polri.go.id.- Polda Papua – Polres Mimika. Bertempat di ruang pertemuan Hotel 66 Jalan Cenderawasih sp2 Timika telah berlangsung rapat koordinasi antara PT. Freeport dengan Kepolisian Resor Mimika. Sabtu, 20 / 05 / 2017 / Siang

Hadir dalam pertemuan adalah Wakapolres Mimika Kompol Arnolis Korowa, SH,MH, Ramang Mokodompit, Hendrik Mongdong, Markus Dimaris, Demitrus Mandobar, Petrus Metemko, Yehuda Edowai, Wirasto (Polri), Sudirman (Polri), M. Samsun (Brimob), Doddy (Brimob), Zulhendri dan Kabagops Polres Mimika Kompol I Nyoman Punia, S.Sos.
Pertemuan dibuka oleh Wakapolres Mimika dengan menyampaikan bahwa dgn kondisi yg ada saat ini dimana adanya karyawan mogok, situasi kondisi keamanan Timika meningkat, pihak Kepolisian telah membentuk Posko Pelayanan Terpadu dgn tujuan mengantisipasi kejadian tindak kekerasan namun masih sj terjadi tindak kekerasan seperti yg terhadi hari Jumat tgl 19 Mei 2017. Dengan kejadian yg ada, untuk itu sebagai pihak Keamanan akan mengambil langkah2 mengantisipasi dalam mengamankan dengan akan mengaktifkan kembali Satgaspamwil dgn sasaran memberikan jaminan keamanan bagi karyawan yg tetap bekerja.

Penyampaian dari pihak Perusahaan dlm hal ini diwakili oleh Mangement SRM dimana pihak Perusahaan mengharapkan dgn kondisi yg ada dimana meminta bantuan pihak aparat kepolisian dalam memberikan rasa aman bagi karyawan yg tetap loyal dan memilih utk bekerja, namun sering merasa dlm situasi tidak aman khususnya saat dalam perjalan dari rumah ke tempat kerja ataupun sebaliknya. Adapun jalur-jalur yg dimaksud adalah dari Timika ke Gorong2 dan sebaliknya, dari Timika ke Kuala Kencana melewati jalan sepanjang SP2 & 3 dan sebaliknya dan dari seputaran Timika menuju airport / check point satu dimana pada jam2 antara 04:00 s.d 08:00 pagi dan jam 16:00 s.d 20:00 wit sore hingga malam hari termasuk setelah bus SDO terakhir jam 22:00 wit. Untuk itu sekira dapat disediakan nomor / point of kontak yg bisa dihubungi oleh karyawan saat berhadapan dgn situasi gangguan saat dalam perjalanan baik menuju tempat kerja ataupun saat pulang kerja termasuk adanya pos pos pelayanan atau respon pd titik2 yg diduga berpotensi sering terjadi gangguan keamanan bagi karyawan diantaranya depan Diana, Gelael, cahaya perkasa/suzuki, pertigaan Gorong2, ketapang ujung airport, pondok indah amor dan depan kantor PU SP 3 termasuk sepanjang jalan didalam kota Timika.

Bahwa sehubungan dgn blm selesainya seluruh proses finansial bagi karyawan yg telah berakhir hubungannya dgn perusahaan baik itu yg mengikuti program PPHKS maupun karena mengundurkan diri / mangkir, dimana utk menyelesaikan masalah finansial seperti BJS, dana Pensiun ataupun hak2 lainnya yg sdh barang tentu msh membutuhkan keterlibatan pihak perusahaan dlm urusan administrasinya, untuk itu pihak Perusahaan akan nembentuk posko pelayanan utk urusan tersebut yg awalnya ajan dibuat di airport lama namun sesuai arahan dari Kapolres utk posko tersebut tdk berada didalam area Perusahaan guna menghindari potensi gangguan keamanan didlm perusahaan sehingga Kapolres menyarankan utk Posko tersebut dibuat di Hotel Cendrawasih 66 ataupun di Polres pelayanan. Untuk hal dimaksud pihak Perusahaan mengharapkan bantuan Kepolisian utk membantu pengamanan termasuk mekanisme pelaksanaan posko tersebut.

Kata Wakapolres dari semua masukkan yang ada, kita sepakat bahwa tidak boleh adanya gangguan bagi karyawan yang bekerja dari orang yang tdk bekerja. Kami Polisi sebagai pengayom dan pengamanan masyarakat akan berusaha semaksimal mungkin dalam mengantisipasi setiap potensi gangguan keamanan yg ada. Untuk itu pada titik sentral kiranya perlu didirikan posko kendali/pelayanan dan selain itu kami akan meningkatkan terus patroli disepanjang jalur yg diduga berpotensi terjadinya gangguan keamanan. Pihak Kepolisian akan bertindak berdasarkan hukum yg berlaku atas setiap perbuatan yg melanggar hukum namun tetap mengedepankan upaya pembinaan sebagai bentuk pelyanan kepolisian sebagai oengayom masyarakat.

Penulis : Hempi

Editor : Umi Fadilah

Publish : Victor Merani

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password