Kapolsek Bersama Camat Laweyan Surakarta Mediasi Perselisihan Pengurus Masjid

IMG-20170520-WA0130

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta – Kapolsek Laweyan Surakarta Kompol Santoso, SE, MH pada Jumat (19/05/2017) pukul 20.00 – 22.00 WIB menghadiri rapat koordinasi penyelesaian masalah terkait kepengurusan Masjid At Taqwa yang beralamat di RT 03 RW 13 Kerten Laweyan Surakarta. Rapat yang dilaksanakan di Pendopo Kelurahan Kerten ini diselenggarakan oleh LP2A bersama dengan tokoh Masjid At Taqwa dan diikuti lebih kurang 20 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Agung Riyadi S. Sos, SH, MM (Camat Laweyan), Kompol Santoso, SE, MH (Kapolsek Laweyan), Kapten CPL Wardji (Danramil Laweyan), Farida (Plt. Lurah Kerten), H. Ir. Suhardi (Ketua LP2A), Saiful Bachri (Ketua DMI Laweyan), Sri Lestari (perwakilan KUA Laweyan), Karyadi (Ketua RW 13), Soetrisno (Ketua RT 03), Abas (perwakilan BLKI Surakarta), Aryono M (Takmir Masjid At Taqwa), Harjanto (Ketua LPMK), Aiptu W. Taufik H (Bhabinkamtimas) dan Babinsa Kerten.

Masjid At Taqwa merupakan masjid milik BLKI Surakarta, permasalahan muncul dipicu keinginan jamaah tentang pergantian pengurus masjid dan Ketua Takmir yang sudah berlangsung selama lebih dari 20 tahun tidak dilakukan pergantian. Jamaah juga menghendaki dilibatkan dalam kepengurusan masjid, bukan hanya diisi dari BLKI Surakarta saja.

Soetrisno (Ketua RT 03) menyampaikan, “Saya sudah melakukan pendekatan terhadap masyarakat sekitar dan jamaah masjid untuk mencari akar permasalahan terkait dan saya simpulkan bahwa keinginan jamaah yaitu meminta adanya pergantian pengurus masjid termasuk takmir masjid yang dipilih melalui forum jamaah sehingga ada sinkronisasi antar jamaah dan pengurus masjid”.

Agung Riyadi S. Sos, SH, MM (Camat Laweyan) dalam penyampaiannya menyarankan, “Kami harap permasalahan ini dapat diselesaikan dengan baik dan sesegera mungkin karena ini kaitanya agama kita sendiri, karena apapun itu ini semua untuk kepentingan jamaah bersama dan kelangsungan ibadah agar masjid-masjid kita semakin makmur”.

Kompol Santoso, SH. MH. (Kapolsek Laweyan) menambahkan, “Terkait permasalahan pengurus Masjid At Taqwa, dikarenakan masih masuk wilayah milik BLKI, maka menurut saya BLKI juga punya hak atau andil dalam pengelolaan maupun kepengurusan Masjid At Taqwa. Seperti kami contohkan masjid di Polres Wonogiri kepengurusan atau Takmirnya adalah orang umum namun yang menunjuk tetap dari Polres Wonogiri dan termasuk segala aktifitas maupun renovasi, Polres Wonogiri pun masih selalu ikut dalam pengambilan keputusan, begitu juga untuk Masjid At Taqwa saya yakin dan berharap juga berlaku hal yang sama”.

Dengan beberapa masukan dan diskusi, akhirnya disepakati bahwa semua keputusan terkait pergantian kepengurusan maupun Takmir Masjid At Taqwa diserahkan kepada BLKI Surakarta karena masjid tersebut adalah masuk dalam tanah milik BLKI Surakarta, namun tetap melibatkan tokoh-tokoh masjid maupun masyarakat sekitar. Kemudian Pemerintah dalam hal ini Kelurahan maupun Kecamatan serta aparat keamanan akan tetap mendampingi proses tersebut agar semuanya menjadi lebih baik untuk jamaah.

Penulis : Heri Laweyan
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password