Kapolda Jateng Memberi Kuliah Umum Tentang Bela Negara dan Deklarasi Anti Penyalahgunaan Narkoba di ISI Solo

Tribratanews.polri.go.id.Polresta Surakarta – Di saat ini Negara dan Pemerintah Republik Indonesia sedang di landa krisis Bela negara dan serangan bahaya Narkoba terhadap generasi.muda. Generasi muda sebagai penerus bangsa adalah potensi yang sangat fatal. Baik buruknya masa depan bangsa maka ditentukan oleh situasi dan kemampuan generasi muda saat ini.

Mengingat peran sentral generasi muda untuk kemajuan dan persatuan Bangsa dan Negara Indonesia maka dengan Kuliah Umum akan arti pentingya Bela Negara dan Gerakan memberantas dan anti Penyalahgunaan Narkoba dapat membentengi generasi muda. Kuliah umun ini di selenggarakan oleh ISI Solo Sabtu 20 Mei 2017 pukul 09.00 s/d 14.00 Wib. Hadir sebagai nara sumber Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Condro Kirono,MM.M.Hum, Kepala BNNP Jateng, Direktur Reserse Narkoba Polda Jateng.

Melihat begitu masifnya para pengedar Narkoba hingga menyasar ke Kampus-Kampus , maka Civitas Akademi juga tak mau tinggal diam dan berusah dengan masif mencegah dan memerangi Narkoba dan menjaga persatuan dengan Kesadaran Bela Negra. Oleh karena itu dari dalam diri Civitas Akademia membuat terobosan dengan membentuk wadah yang di namai ” ARTI PENA ” Aliansi Rektor Perguruan Tinggi Anti Penyalgunaan Narkoba.

DSC_8389

ARTI PENA secara Nasional di bentuk di Kendari bulan April 2016 dengan ketua Umum Prof. Dr. Ir. Sury o Hapsoro Tri Utomo. Dan untuk tahun 2017 ini “ARTI PENA” wilayah Solo Raya di bentuk dan di saksikan oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Condro Kirono, M.M.M.Hum dengan Ketua Umum Dr. Bambang Sunarto.M.Sn dari ISI Solo. Dan ini yang pertama di bentuk di Indonesia.

Dalam sambutannya ketua ARTI PENA Solo raya raya menegaskan bahwa LP dan Kampus adalah wilayah yang aman bagi pengedar Narkoba, maka harus diperangi dengan masif. Bagi siapapun baik Civitas Akademi baik pejabat perguruan tinggi maupun Dosen dan Karyawan serta Mahasiswa jika terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba maka akan ” Diberhentikan dengan tidak Hormat ” alias di pecat. Itulah Komitmen ARTI PENA.

Dalam kegiatan Kuliah Umum Bela Negara dan Anti dan Berantas Peredaran Narkoba Narkoba Oleh Kapolda Jateng yang di ikuti 36 Perguruan tinggi Negeri dan Swasta se Solo Raya dengan peserta sekitar 1.500 Mahasiswa.

Dalam kegiatan yang di gagas oleh Rektor ISI SoloProf. Sri Rohana Widiastutikningrum dan Kapolda Jateng ini di dukung penuh oleh Badan Narkotika Nasional Propinsi Jateng dan Direktorat Reserse Narkoba Polda Jateng.

DSC_8489Dalam Kuliah umum ini Kapoda Jateng menekankan kepada para mahasiswa antara lain :
1. Kita ini adalah satu Bangsa, Satu Negara dan Satu Tanah Air Indonesia.
2. Negara Indonseia terdiri darin1347 Suku dan ratusan Pulau ini akan menjadi potensi perpecahan jika tidaknm dikelola dengan baik. Dan oleh karena itu telah disepakati dan di Deklarasikan oleh pejuang dan tokoh Proklamator Indonesia bahwa Dasar Negara yang mampu mengikat Ke berbeaan itu adalah “PANCASILA” bukan Agama bukan Suku bukan Pula Ras dan ” PANCASILA ” Ini adalah Harga mati untuk NKRI dan NKRI adalah Harga Mati.
3. Dulu musuh bansa Indonesia adalah penjajah namun sekarang musuh terberat kita adalah menciptakan kesejahteraan, memberantas kemiskinan, memberantas kebodohan.
4. Masyarakat Indonesia ini yang kaya masih sedikit, Yang menengah masih sedang dan yang miskin makin banyak, maka pemerintah mengambil.kebijakan membangun dari kawasan pinggiran dan perbatasan juga membangun dari desa bukan dari Kota.
4. Masalah kebebasan beragama dan keyakinan serta bebas memeluk agama dan menjalankan agama di Indonesia adalah di lindungi oleh Undang – Undang. Oleh karena itu kita harus bebas namun juga rukun atau bebas dalam kerukunan, bebas dalm.menjalankan agama namun rukun dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam Kegiatan ini juga di tanda tangani Mou Antar Perguruan tinggi dan Polda Jawa Tengah terkait Pemberantasan penyalahgunaan Narkoba yang di tanda tangani oleh Rektor ISI dan Kapolda Jateng.

Penulis : Sumarjo
Editor.  : Umi Fadillah
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password