Satgas Pangan Sita 5 Ton Beras di Pasuruan

satgas-pangan-gerebek-gudang-penimbunan-beras-di-pasuruan-lNXrraP544

Tribratanews.polri.go.id – Polres Pasuruan.  Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polres Pasuruan Kota menggerebek sebuah gudang di Jalan Raya Pleret, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan. Gudang tersebut diduga kuat sebagai tempat penimbunan beras untuk dijual kembali menjelang Lebaran mendatang.

Dari penggerebekan tersebut, Tim Satgas Pangan yang dipimpin Kapolres Pasuruan Kota AKBP Rizal Martomo menemukan barang bukti sekira 5 ton beras. Barang bukti tersebut terdiri dari kemasan 50 Kg dan 5 Kg yang siap dijual ke pasaran.

Kapolres Pasuruan AKBP Rizal Martomo mengungkapkan, saat penggerebekan, sejumlah pekerja tengah melakukan aktivitas seperti biasa. Dari pemeriksaan di dalam gudang, Tim Satgas menemukan adanya indikasi aktivitas pengoplosan beras ke dalam kemasan lain.

Berdasarkan keterangan koordinator gudang, Panca, selain penimbunan beras, kegiatan di dalam gudang terindikasi adanya pengoplosan beras polos terhadap kemasan merek tertentu. Pengoplosan beras ini dilakukan dalam kemasan 5 Kg dan 50 Kg.

“Kami menemukan adanya penimbunan beras dan kegiatan pengoplosan beras polosan dengan merek tertentu. Beras yang ditimbun tersebut sudah siap diedarkan ke pasaran,” kata Kapolres Pasuruan Kota AKBP Rizal Martomo.
Menurut Kapolres Pasuruan, pengusaha beras itu mendapatkan beras murah dalam jumlah besar dari Banyuwangi. Setelah masuk di gudang, kemasan beras murah tersebut dibongkar dan dioplos dengan beras dengan merek-merek tertentu yang laku di pasaran.

“Untuk sementara keterangan itu yang kami dapatkan dari pemiliknya. Dia membeli beras dari Banyuwangi, dioplos dan dikemas ulang dalam berbagai merek. Keterangan ini masih terus didalami untuk dikembangkan pada pemeriksaan lanjutan,” tandas Kapolres AKBP Rizal Martomo.

Atas temuan dugaan penimbunan dan pengoplosan beras tersebut, Tim Satgas Pangan menjerat pelaku tersebut beradasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan UU Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian.

Sumber : Okezone

Editor : Umi Fadilah

Publish : Veri / Hendra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password