Kapolda Sulsel Pimpin Upacara Harkitnas Ke-109 Tahun 2017 di Mapolda Sulsel

Artikel, Kapolda Sulsel Pimpin Upacara Harkitnas Ke-109 Tahun 2017 di Mapolda Sulsel

Tribratanewspolri.go.id – Makassar Sulsel, Untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-109 Tahun 2017, jajaran Polda Sulsel menggelar Upacara pagi tadi, Sabtu (20/5/17) pukul 07.30 Wita di Lapangan Upacara Mapolda Sulsel.

Upacara dipimpin oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol. Drs.Muktiono dan dihadiri oleh Wakapolda Sulsel, para pejabat utama, para Pamen, Pama, Bintara, Tamtama serta PNS Polda Sulsel.

Dalam Upacara Harkitnas ke -109 Tahun 2017 ini diikuti para peserta se Garnisun Makassar dengan Komandan Upacara  Kompol Zakaria dari Biro Rena Polda Sulsel.

Kapolda Sulsel  menyampaikan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Salah satu inspirasi yang bisa kita serap dari berdirinya Boedi Oetomo sebagai sebuah Organisasi Modern pada tahun 1908 adalah munculnya sumber daya manusia Indonesia yang terdidik, memiliki jiwa Nasionalisme kebangsaan, dan memiliki cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Dengan tampilnya sumber daya manusia yang unggul inilah semangat kebangkitan nasional dimulai.

Dalam sambutannya, Kapolda Sulsel mengingatkan masa Perjuangan Boedi Oetomo yang dipimpin oleh Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan Dokter Soetomo tersebut kemudian dilanjutkan oleh kaum muda pada tahun 1928 yang kemudian melahirkan Soempah Pemoeda. Dan melalui perjuangan yang tak kenal lelah akhirnya kita dapat Memproklamirkan Kemerdekaan pada tanggal 17 agustus 1945.

Oleh karenanya kewajiban seluruh Rakyat Indonesia, untuk berkomitmen menjaga keutuhan NKRI, dari berbagai ancaman memecah belah bangsa.

Tema yang dibawa pada peringatan hari Kebangkitan Nasional Tahun 2017 di Polda Sulsel yaitu  “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional Dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter.”

“Dengan tema ini kita ingin menunjukkan bahwa tantangan apapun yang kita hadapi saat ini harus kita jawab dengan memfokuskan diri pada kerja nyata secara mandiri dan berkarakter. Kini bukan saatnya lagi mengedepankan hal-hal sekadar pengembangan Wacana yang sifatnya Seremonial dan tidak Produktif. Kini saatnya bekerja Nyata dan Mandiri dengan cara-cara baru penuh Inisiatif bukan hanya mempertahankan dan membenarkan cara-cara lama sebagaimana yang telah dipraktikkan selama ini,” ujar Irjen Pol Drs. Muktiono.

“Saya mengajak tantangan yang kita hadapi, yaitu tantangan global harus kita bangkit mengikuti persaingan global, dengan kemandirian kita secara inspiratif, karakter kemandirian bangsa, kita harus membiasakan yang benar dan bukan membenarkan yang biasa,” lLanjutnya.

Harapan Kapolda Sulsel Semoga peringatan hari Kebangkitan Nasional ini juga memperbarui semangat Trisakti: Berdaulat dalam Politik, Berdikari dalam Ekonomi, dan Berkepribadian dalam Kebudayaan.

Ditekankan juga kepada seluruh peserta Upacara dan seluruh personel Polda Sulsel dengan momen semangat Kebangkitan Nasional ini marilah kita bangkitkan dan tanamkan rasa nasionalisme cinta tanah air dengan cara terus berkarya dan bertugas secara profesional dan proporsional untuk melayani dan mengabdi kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara guna mendukung terwujudnya tujuan pembangunan nasional, jadilah Polisi pelopor revolusi mental, suri tauladan dan dicintai masyarakat.

Penulis  : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password