Satlantas Polres Bangkalan Sosialisasi Mekanisme Penerbitan SIM

Tribratanews.polri.go.id – Polres Bangkalan, Menjawab pertanyaan yang sering muncul di media sosial tentang tata cara pengurusan SIM di Polres Bangkalan, maka Subbaghumas Polres Bangkalan mencoba memberikan informasi melalui media sosial agar khususnya masyarakat mendapat gambarannya cara pengutrusan SIM.

Secara singkat dapat dijelaskan bahwa syarat pemohon SIM baru sesuai pasal 81 UU No.22 tahun 2009 harus memenuhi syarat  yakni membuat permohonan tertulis, bisa baca tulis, memiliki pengetahuan peraturan lalulintas jalan dan tehnis dasar mengemudikan kenderaan bermotor, batas usia minimal 17 tahun (untuk pemohon SIM A, C dan D), usia 20 tahun untuk pemohon SIM B.I dan 21 tahun untuk pemohon SIM golongan B.II. Dan melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli yang sah, fotokopi KTP, Surat Keterangan  Dokter sehat jasmani serta surat keterangan sehat rokhani (Psikologi).

Surat keterangan dokter tentang sehat jasmani dan rokhani untuk pengurusan SIM dimaksud dapat diperoleh melalui pemeriksaan kesehatan oleh dr. Hery Sutrisno di Jalan Kyai H.Moch Cholil (Fortuna Laboratorium) Bangkalan.

Inilah 6 (enam) tahapan yang harus dilalui dalam pengurusan SIM. (bid)

Proses pengurusan selanjutnya melalui 6 (enam) tahapan, tahap pertama Biaya PNBP (Penerimaan Negara bukan pajak) yang bisa dibayar melalui ATM atau teller bank, tahap ke-dua Regestrasi (isi formulir, lampirkan persyaratan, tandatangan, 10 sidik jari, foto pemohon sim), tahap ke-tiga LULUS/tidak lulus ujian teori, jika tidak lulus bisa mengulangi (tenggang waktu 7, 14 atau 30 hari), tahap ke-empat Penyerahan SKUKP (Surat keterangan uji kemampuan pengemudi), Tahap ke-lima yang dinyatakan LULUS/Tidak lulus dan tahap keenam cetak SIM (cetak SIM, penyerahan dan dokumentasi arsip).

Pada setiap tahapan bagi setiap pemohon ujian SIM baik yang mengikuti di Polres Bangkalan atau melalui Program Plasa Bangkalan yang dinyatakan tidak LULUS dapat mengulangi lagi dengan tenggang waktu 7 hari, 14 hari atau 30 hari pada tahap yang sama.

“Biaya penerbitan SIM di Polres Bangkalan mengacu kepada peraturan pemerintah PP Nomor 50 tahun 2010 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, “ungkap Kasat Lantas Polres Bangkalan AKP Inggit Prassetyanto, SH.
Penulis : Bidarudin
Editor : Umi Fadilah
Publish : Nenny Sasongko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password