OPERASI LILIN MAHAKAM : 14 Hari, Ada 2.000 Pelanggaran Lalu Lintas

POLDA KALTIM – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kaltim menguraikan, selama 14 hari Operasi Lilin Mahakam, ada 2.000 lebih pelanggaran lalu lintas yang berpotensi kecelakaan.

Dari jumlah ril Kaltim-Kaltara, ada 2.062 pelanggaran, 853 di antaranya sanksi tilang. “Sisanya kami beri teguran,” ungkap Kepala Bidang Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana. Rabu (4/1/2017).

Pelanggaran itu bervariasi. Kelengkapan surat mulai STNK, SIM ada 27 persen, helm 21 persen. Sisanya pelanggaran safety riding, markah jalan serta berboncengan sepeda motor lebih satu orang.

(BACA JUGA: OPERASI LILIN MAHAKAM : Polda Kaltim dan Jajarannya siap amankan Natal dan Tahun Baru)

Sedangkan kendaraan terlibat pelanggaran didominasi sepeda motor, mobil dan mobil beban/truk. “Jumlahnya naik disbanding tahun sebelumnya,” ujar perwira melati tiga itu.

Sementara jumlah kecelakaan turun dibanding 2015. Tahun  2016 ada 10 kasus. Dengan jumlah meninggal 5, luka ringan 11 dan luka berat 5. Sebelumnya, 20 kasus dengan korban meninggal 12, luka ringan11 dan luka berat 22.

Strategi dilakukan Ditlantas, selain lakukan patroli serta sosialisasi untuk menekan potensi kecelakaan.

Caranya, dengan menyurati instansi swasta dan pemerintahan serta perusahaan untuk tertib berlalu lintas. Artinya, ketika berada di jalan jelang perayaan Natal dan pergantian tahun, kemarin tetap tertib.

Sebab, dari analisis dan evaluasi Ditlantas, masyarakat banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, tata tertib diabaikan. Untuk terus menekan kejadian di jalan, masyarakat diimbau mengecek kondisi kendaraan. Membawa SIM dan STNK serta kondisi pengendara atau pengemudi saat menjalankan kendaraan.

“Semua dipatuhi, kecelakaan bisa diminimalisir,” harapnya.

(Humas Polda Kaltim)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password