Jelang Bulan Suci Ramadhan Kapolsek Semparuk Bersama Unsur Terkait Sosialisasi Penataan PKL

Tribratanews.polri.go.id.Polda Kalbar.Polres Sambas-Jumat (19-05-2017)sekira pukul 08.30 wib, bertempat di Aula Kantor Camat Semparuk telah Dilaksanakan giat Sosialisasi Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kec. Semparuk (khususnya Desa Semparuk Kec. Semparuk Kabupaten Sambas).

Dalam Sosialisasi tersebut Camat Semparuk menjelaskan, menata kembali keberadaan pedagang kaki lima khususnya pedagang yang berada di pinggir jalan raya Semparuk untuk dialihkan ke Pasar KUD Bakti Desa Semparuk.

“Hal ini dilakukan agar rasa nyaman dan bersih dapat dirasakan oleh pedagang maupun pembeli, sehingga transaksi jual beli masyarakat dapat berjalan dengan aman dan teratur,” ujar Camat Semparu.

Sementara itu, pengurus KUD Bakti Bpk. Sohaidi menuturkan bersedia memfasilitasi tempat transaksi jual beli masyarakat di lokasi yang telah ditentukan.

Selanjutnya Kapolsek Semparuk menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pedagang kaki lima Desa Semparuk, karena bersedia dan sudi untuk ditempatkan ketempat/lokasi yang baru. Sama-sama kita mendukung kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Kecamatan, karena sangat baik dan positif bagi kita semua, terang Kapolsek Semparuk.

Kapolsek Semparuk juga menghimbau tentang antisipasi Karhutla ( Kebakaran Hutan dan Lahan) pada saat musim kemarau serta kerjasama dan dukungannya kepada undangan yang hadir, agar disampaikan kepada keluarga, kerabat dan masyarakat ditempatnya tinggalnya.

Acara Sosialisasi di akhiri dengan menandatangani surat kesepakatan bersama oleh Muspika, Pihak KUD dan para Pedagang Kaki Lima.

Berdasarkan hasil rapat atau Sosialisasi yang diambil secara musyawarah mufakat, diperoleh hasil sebagai berikut
1. Pedagang bersedia/sudi untuk pindah ke lokasi Pasar KUD Bakti.
2. Pada hari Senin tanggal 22 Mei 2017, Aktifitas jual beli dipindahkan ke pasar KUD Bakti.
3. Batas waktu berjualan dimulai jam 04.30 wib sampai jam 09.00 wib, untuk selanjutnya para pedagang dapat melanjutkan dagangnya ketempat lain, namun tidak diperkenankan untuk berjualan di tempat yang sudah dilarang (trotoar/bahu jalan)
4. Setiap PKL yang sudah masuk ke lokasi/melakukan aktifitas di Pasar KUD Bakti Semparuk untuk dapat mematuhi semua peraturan KUD Bakti Semparuk, dengan ketentuan sebagai berikut :
a) Menjaga kebersihan lokasi berjualan.
b) PKL tidak dikenakan sewa, namun di kenakan retribusi fasilitas dan kebersihan bagi pedagang ikan, ayam, daging sapi sebesar Rp. 3.000,- dan untuk Pedagang sayur, buah dan kue sebesar Rp. 2.000,- setiap melakukan aktifitas berjualan.
5. Untuk lokasi lapak berjualan PKL akan di undi sesuai dengan kelasnya setiap tanggal 1, pengundian pertama dilakukan pada tanggal 25 Mei 20017.
6. Pihak Pol PP dan Aparatur desa setempat akan melakukan penertiban, apabila pada tanggal 22 Mei 2017 dan seterusnya terdapat PKL yang melakukan aktifitas jualan di trotoar/bahu jalan Pasar Semparuk.

Penulis. :Didit H
Editor. :Umi Fadhilah/Sugeng Hs
Publish :Cucu Safiyudin

Admin Polri56114 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password