KEBAKARAN KAPAL DI KALTIM : Tim Gabungan Berhasil Evakuasi Korban

POLDA KALTIM – Setelah berjam-jam melakukan upaya evakuasi di tengah kepungan asap, petugas penyelamat akhirnya menemukan Marsinggih. Seorang pekerja yang dikabarkan terjebak dalam kebakaran sebuah kapal jenis accommodation work barge (AWB) bernama Ewis Lady di Dok Perkapalan Kaltim, Jalan Alam Baru Somber, Senin (2/1) sekira pukul 16.00 Wita.

Namun, pria berusia 53 tahun itu ditemukan dalam kondisi sudah tak bernyawa dengan kulit melepuh. Marsinggih, diketahui sebagai sekuriti kapal PT Menara Tama Samudra Indah. Diperkirakan bila Marsinggih berusaha menyelamatkan pekerja yang berada di dalam galangan kapal saat peristiwa kebakaran itu terjadi.

Awalnya, tiga orang pekerja melakukan pemotongan besi sesuai permintaan pemilik kapal. Percikan api tiba-tiba muncul dan menjalar cepat ke berbagai ruangan. Api yang menjalar itu diduga karena tersulut benda yang mudah terbakar, karena diketahui bagian atas kapal merupakan gudang.

Setelah asap mulai memenuhi seisi ruangan kapal, korban pun turun dan berusaha menyelamatkan para pekerja satu per satu. Nahas, setelah dua orang pekerja berhasil diselamatkan, korban mulai kehabisan oksigen karena asap dan api di dalam galangan.

“Belum dapat dipastikan apakah ada unsur pidana dalam insiden ini. Masih dilakukan pemeriksaan para saksi,” ungkap Kepala Bidang Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana. Rabu (4/1/2017)

Lima orang diperiksa penyidik Polair Polda Kaltim. Yakni, Edi Siswanto dari Dok Perkapalan Kaltim, Yanto yang bekerja sebagai karyawan dok, Herianto, Wahyu, dan kapten kapal yang namanya tak dibeberkan. Olah tempat kejadian perkara (TKP) juga telah dilakukan, usai korban yang meninggal dunia dievakuasi sekira pukul 00.30 Wita.

(Humas Polda Kaltim)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password