Pria Bawa Senjata Tajam Ditangkap Polsek Tanah Merah Bangkalan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Bangkalan, Kegiatan patroli yang dilakukan Polri baik siang atau malam banyak manfaatnya, antara lain untuk mencegah bertemunya niat dan kesempatan sehingga terjadinya Gangguan Nyata. Seperti yang dilakukan oleh Unit Patroli  Polsek Tanah Merah Polres Bangkalan berhasil menangkap RF(38) seorang pemuda Ds. Petrah Kec,Tanah Merah, karena tanpa hak  membawa senjata tajam ditempat umum.

Dengan sikap waspada, tanggap dalam melihat keadaan disekitarnya petugas Polsek Tanah Merah mendapati seseorang pemuda yang sedang berdiri didepan sebuah warung pasar Tanah Merah, tampak ada sesuatu yang disimpan dibalik bajunya. Mulanya petugas curiga seperti benda senjata tajam, sehingga terhadap pemuda itu dilakukan penggeledahan badan dan ternyata ditemukan senjata tajam berupa sebilah pisau panjang sekitar 30 cm lengkap dengan sarungnya, pada Kamis(18/5) sekitar pukul 14.00 Wib.

Pelaku pembawa senjata tajam yang tertangkap tangan, kemudian diketahui bernama RF(38) selanjutnya bersama barang bukti sebilah pisau oleh petugas patroli unit Sabhara Polsek langsung dibawa ke Polsek Tanah Merah untuk proses penyidikan selanjutnya.
Seminggu sebelumnya di Kec. Blega Kab. Bangkalan terjadi kasus penganiayaan berat yang mengakibatkan tewasnya Kepala Desa Karang Gayam Kecamatan Blega, Kamis (11/5/2017) pukul 12.00 Wib. Peristiwa seperti inilah kemudian menjadi dasar pertimbangan bahwa perbuatan membawa senjata tajam harus, ditindak sebagai perbuatan pidana melanggar pasal 2 ayat (2) Undang-undang Darurat nomor 12 tahun 1951. dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara.

Kapolsek Tanah AKP Yoyok Prasetyo, SH melalui Kasubbaghumas Polres Bangkalan AKP Bidarudin, SH menjelaskan bahwa saat ini tersangka dan barang bukti sudah diamankan. Walau tersangka RF (38) mengaku kepada penyidik bahwa perbuatan itu dilakukan sebagai upaya untuk jaga diri saja.

“Proses hukum bagi pelaku yang membawa senjata tajam di tempat umum adalah salah satu upaya agar masyarakat tidak membiasakan diri membawa senjata tajam di tempat umum, “pungkasnya.

Penulis : Bidarudin

Editor : Umi Fadilah

Publish : Nenny Sasongko

Admin Polri54172 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password