Polres Talaud Tangkap Pelaku Pemerasan yang Mengatasnamakan Kejati dan Polda Sulut

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Seorang pria berinisial DHT, oknum ketua salah satu LSM di Sulawesi Utara (Sulut) diamankan oleh Satuan Reskrim (Satreskrim) Polres Talaud atas dugaan kasus pemerasan terhadap kontraktor bangunan, Jekli (43), Kamis (18/05/2017) sekitar pukul 15.00 WITA, di Pelabuhan Lirung Talaud.

Kronologisnya, sekitar bulan April 2017 pelaku menemui korban di Melonguane. Saat itu pelaku mengatakan jika ia adalah ketua salah satu LSM dibidang korupsi. Pelaku lalu menyampaikan kepada korban bahwa telah ada laporan di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut terkait pembangunan SMA Bitunuris, dimana korban selaku kontraktornya.

Saat korban menanyakan ada permasalahan apa, pelaku menjawab ada temuan dalam proyek pembangunan SMA tersebut. Beberapa hari kemudian korban dihubungi oleh seseorang dengan nomor telepon yang tak dikenalnya dan mengaku sebagai tim dari Kejati Sulut. Dalam percakapan, si penelepon menanyakan tentang proyek pembangunan SMA Bitunuris.

Si penelepon, yang diduga adalah pelaku DHT, lalu meminta uang kepada korban sebesar Rp 40 juta. Namun korban hanya sanggup memberi Rp 15 juta. Seminggu kemudian, pelaku kembali meminta uang Rp 6 juta kepada korban dengan alasan untuk menemui tim dari Kejati Sulut. Pada permintaan kedua ini, korban tidak memberikannya karena tidak punya uang.

bb-pemerasan DHT

Selanjutnya pada Sabtu (13/05/2017), pelaku menelepon korban lalu meminta uang Rp 5 juta dan disanggupi korban. Empat hari kemudian, Rabu (17/05) pelaku kembali menelepon korban. Namun kali ini pelaku mengaku sebagai Tim Tipikor Polda Sulut dan mengatakan telah menemukan tindak pidana korupsi dalam proyek pembangunan SMA Bitunuris serta SLBN 1 Talaud di Salibabu.

Pelaku lalu meminta uang Rp 10 juta tetapi oleh korban hanya disanggupi sebesar Rp 1 juta. Merasa curiga, korban melaporkan kejadian tersebut ke Polres Talaud. Berkat gerak cepat, Tim Satreskrim Polres Talaud yang beranggotakan 5 personel akhirnya berhasil menangkap pelaku di Pelabuhan Lirung, Kecamatan Lirung, Talaud sore itu.

Dalam penangkapan tersebut, petugas juga berhasil menyita barang bukti berupa uang tunai Rp 1 juta, 2 hand phone, 2 kartu telepon dan kartu identitas LSM. Kapolres Talaud, AKBP Hendra Sukaca membenarkan adanya penangkapan tersebut. “Pelaku dan barang bukti diamankan di Mapolres Talaud untuk diperiksa,” singkatnya.

Penulis: Rony
Editor: Umi Fadilah
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password