Kadivhumas Polri : Stok Pangan Aman Sampai Idhul Adha 2017

IMG_20170518_171612

Tribratanews.polri.go.id – Mabes Polri,  Kadivhumas Polri Selaku Kasatgas Pangan Polri memberikan penjelasan terkait gejolak harga pangan menjelang bulan ramadhan.

Polri bekerjasama dengan menteri pertanian, menteri perdagangan dan KPPU menekan gejolak harga pangan yang mengalami kenaikan seperti daging, bawang putih, bawang merah dan beras. “Telah dilakukan sidak harga pangan dipasar Kramat Jati dan beras di pasar Cipinang, terdapat info yang cukup signifikan terkait harga yang tidak terlalu bergejolak,” ujar Irjen Setyo.

Terpisah Brigjen Agung Setya menambahkam, Polri telah melakukan penanganan terhadap rantai distribusi khususnya dari importir, produsen sampai konsumen.”Kita menemukan kenaikan harga bawang putih yang signifikan di Jawa dan Luar Jawa. Mereka melakukan penimbunan di Marunda dan langsung dilakukan penegakan hukum dan saat ini harga bawang putih langsung turun,” ujar Brigjen Agung.

Polri juga telah mengidentifikasi kenaikan harga daging ayam dan cabai rawit merah. Mencermati situasi tersebut Satgas Pangan Polri langsung melakukan tindakan konkrit dengan melakukan penegakan dan menemukan permasalahan di rantai distribusi “Oleh karena tim kami saat ini sedang bekerja di NTB, semoga tim satgas mampu menurunkan harga pangan. Harus diperbaiki pada sistim rantai distribusinya,” jelas Brigjen Agung.

Ditempat yang sama, Kadivhumas Polri selaku Kasatgas Pangan menjelaskan terdapat kenaikan harga pangan diluar Jawa (Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengan, Gorontalo & NTT) seperti daging ayam broiler, cabai rawit merah, bawang putih dan telor ayam ras. Hal ini dikarenakan rantai distribusi yang cukup panjang dan biaya yang tinggi. Sehingga harga bahan pangan tersebut naik diatas rata-rata harga nasional. “Sampai ke masyarakat harga sudah tinggi dan diatas harga rata-rata nasional,” tambah Irjen Setyo.

Selanjutnya, Kadivhumas Polri memastikan bahwa stok pangan stabil dan aman sampai dengan Idhul Adha 2017. “Pada umumnya stok pangan aman dan stabil sampai Idul Adha 2017,” pungkas Irjen Setyo.(*)

Penulis : Tim

Editor : Umi Fadilah

Publish : Alam / Veri

Admin Polri48270 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password