Selain Kesibukan Mengabdi Pada Negara, Polisi Jember Luangkan Waktu Untuk Beternak

img

Tribratanews.polri.go.id- Bagi sebagian orang, jabatan polisi masih terkesan keren dan mentereng, sehingga suka menjaga jarak dalam pergaulan umum. Namun kesan itu sirna ketika bertemu dengan Bripka Dani Anton. Bhabinkamtibmas Desa Garahan, Polsek Silo (Sempolan), Polres Jember, ini kesannya biasa-biasa saja. Tak ada yang istimewa.

Bahkan yang “aneh” juga beternak kambing sebagaimana kebanyakan masyarakat desa yang suka beternak sapi dan kambing.

Sebagai peternak kambing, tentu punya tugas tambahan selain tugas formal kepolisian. Yaitu mencari rumput di kebun-kebun atau pematang sawah. Bagi Bripka Dani, memelihara kembing punya nilai terndiri.

Selain dapat untung dari hasil dari anak yang dilahirkan, juga bisa lebih akrab dengan kalangan masyarakat bawah. Malah tak jarang mencari rumput bersama tukang kambing yang lain.

“Yang pertama, kambing punya nilai ekonomi. Kedua, saya bisa lebih dekat bergaul dengan masyarakat umum di desa,” ujarnya.

Apa yang dilakuan Bripka Dani mendapat apresiasi dari Kapolsek Silo, AKP. Suryadi, SH. Menurutnya, Bripka Dani adalah sosok yang ulet dan mengerti sosiologi masyarakat desa.

Di satu sisi, dengan beternak kambing bisa memperoeh hasil materi. Di sisi lain, uga dapat memetik keuntungan non materi, berupa tergerusnya kesan yang menetreng di pundak polisi. “Kalau polisi memasyarakat, tidak sulit menjalankan tugasnya sebagai penjaga Kamtibmas,” ujarnya.

 

Penulis : Herry

Editor   : Umi Fadhilah

Publish : Sholeh hs

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password