Tingkatkan Profesionalitas, 33 Anggota Polda Papua Ikuti Assessment Jabatan Kapolsek Urban dan Rural

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Jayapura – Sebanyak 33 personil Polri berpangkat Komisaris Polisi (Kompol), Inspektur Polisi Satu (Iptu) dan Inspektur Polisi Dua (Ipda) mengikuti Pelaksanaan Rekuitment Jabatan Terbuka (Assessment) Jabatan Kapolsek Urban dan Rural yang dilaksanakan Biro SDM Polda Papua di Aula Rastra Samara Mapolda Papua, Kamis (18/5/17).

Kasubbag Mutjab Bag Binkar Biro SDM Kompol Teddy Chandra, SIK mengungkapkan, pelaksanaan promosi Jabatan terbuka merupakan implementasi dari Commander Wish Kapolda Papua Irjen Pol. Dr. Boay Rafli Amar, M.Si di bidang pembinaan karier sekaligus program unggulan Polda Papua.

“Promosi Jabatan terbuka dilaksanakan secara komperhensif dengan menjaring personel dari seluruh Satker maupun Satwil Jajaran Polda Papua yang memiliki kualifikasi, kompetensi dan prestasi untuk menduduki jabatan Kapolsek dengan berpedoman pada asas transparan, objektif, prosedural, akuntabel, profesional dan adil,” ujar Kompol Teddy saat memberikan sambuatan pembukaan acara ini pada Rabu (17/5) kemarin.

Baca juga: Karo SDM Polda Papua Pantau Jalannya Tes Kesamaptaan Jasmani Casis Bintara Polri TA. 2017 Panda Papua

Ditambahkan Kompol Teddy, kegiatan ini diadakan untuk menggali sekaligus menguji kemampuan teknis di bidang ilmu Kepolisian. Cara yang digunakan adalah melalui uji kompetensi bidang fungsi teknis yang bersifat seleksi dan akan dilaksanakan selama 4 hari terhitung mulai tanggal 17 sampai dengan tanggal 22 Mei 2017.

“Jadwal kegiatan yakni tanggal 17 Mei 2017 pelaksanaan Uji Tools Psikometri sedangankan untuk Tes wawancara dan diskusi tanpa pemimpin serta Games akan dilaksanakan pada tanggal 18, 19 dan tanggal 22 Mei 2017,” kata Kompol Teddy.

Tingkatkan Profesionalitas, 33 Anggota Polda Papua Ikuti Assessment Jabatan Kapolsek Urban dan Rural-

Lagi tambah Kompol teddy, Dalam seleksi para peserta Assessment harus melalui tiga tahapan kegiatan, yaitu tes psikometri, diskusi kelompok, dan wawancara. Sedangkan penguji atau Assessor berasal dari kalangan internal Polda Papua yang telah memiliki sertifikasi Assessment dari Mabes Polri.

“Para peserta dinilai dari beberapa aspek penilaian, diantaranya kemampuan berpikir analisa dan konseptual, mengikuti prosedur, dorongan berprestasi, komunikasi, membangun hubungan dan perencanaan dan pengorganisasian,” jelas Kompol Teddy.

Dalam kesempatan ini juga Karo SDM Polda Papua Kombes.Pol Ida Bagus KD Putra N, M.Si menjelaskan bahwa hasil dari uji kompetensi Jabatan Kapolsek ini akan memunculkan beberapa personel untuk dipromosikan menduduki jabatan Kapolsek Urban dan Rural di Jajaran Polda Papua.

“Sehingga upaya menempatkan personel sesuai dengan kompetensi dan kinerjanya secara transparan akan terbentuk. Dengan demikian pola pembinaan karier yang berdasarkan merit system akan terwujud dengan baik di jajaran Polda Papua,” pungkas Karo SDM Polda Papua Kombes.Pol Ida Bagus KD Putra N, M.Si.

Penulis      : Warsito
Editor        : Umi Fadilah
Publisher  : Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password