Masuki Hari Kesembilan Operasi Patuh, 15 Kendaraan Umum dan Mobil Bus Terjaring Razia

Tribratanews.polri.go.id – Parepare Sulsel, Memasuki hari kesembilan Operasi Patuh tahun 2017 Satuan Lalu Lintas Polres Parepare melaksanakan pemeriksaan terhadap kendaraan umum dan mobil bus yang berlangsung didepan Terminal Induk Jl. Poros Trans Makassar Kota Parepare, Rabu (17/05) malam.

Kegiatan operasi kali ini dilaksanakan dengan melibatkan instansi terkait yaitu Dinas Perhubungan Darat Kota Parepare guna menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua jam dengan melakukan pengecekan terhadap kendaraan anggkutan umum dan bus antar kota dalam propensi.

Kasat Lantas Polres Parepare Akp Andi Ali Surya, S.I.K mengungkapkan bahwa kegiatan operasi patuh kali ini tidak hanya memeriksa surat-surat kendaraan tetapi juga melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan umum yang di pergunakan untuk mengangkut penumpang.

“Jadi malam ini ada 15 (Lima belas) kendaraan terjaring razia dan kami menyita barang bukti berupa 13 Lembar STNK, satu buah SIM dan satu unit kendaraan,” ucap Kasat Lantas.

Operasi Patuh adalah aksi simpatik yang dilakukan oleh jajaran polisi dalam hal ini satuan lalu lintas untuk memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan.

Tujuan Operasi Patuh adalah menciptakan kelancaran arus lalu lintas, menekan angka kecelakaan, dan angka pelanggaran lalu lintas jelang Ramadhan 1438 H.

Untuk pengendara sepeda motor, pelanggaran yang akan dikenai tilang diantaranya kelengkapan Surat-Surat Kendaraan, melawan arus, plat nomor tidak sesuai spectec/aslinya, pembonceng tidak pakai helm atau dua-duanya, motor harus lajur kiri (apabila ada lajur kanalisasi) dan harus nyala lampu utama di siang hari, melanggar lampu merah,melanggar marka jalan dan garis stop,dan naik motor lebih dari dua orang.

Sementara untuk pengendara mobil ada berbagai sasaran, diantaranya plat nomor tidak sesuai spectec/aslinya, tempel logo/simbul pada plat nomor, pakai rotator/sirene pada mobil pribadi, tidak pakai sabuk pengaman, melanggar lampu merah, serta melanggar marka jalan dan garis stop.

Operasi Patuh melibatkan beberapa instansi terkait diantaranya TNI, Dinas Perhubungan(Dishub), POL PP, dan Jasa Raharja.

Demi menurunkan pelanggaran lalu lintas, dan melalukan tindakan preventif sedini mungkin, persuasif dan penegakan hukum pengendara kendaraan bermotor agar disiplin, tertib dan safety.

Penulis : Qadri

Editor : Umi Fadilah

Admin Polri56647 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password