Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, di Pesisir Barat Adakan Rapat Koordinasi Satgas Dewan Ketahanan Pangan

Tribratanews.polri.go.id – Polres Lampung Barat. Waka Polres Mewakili Kapolres Lampung Barat menghadiri Rapat Koordinasi Satgas Dewan Ketahanan Pangan, untuk ketersediaan kebutuhan bahan pangan pokok dalam rangka Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

hadiri dalam acara tersebut Asisten II  Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kehumasan, Inspektur Pemkab Pesisir Barat Edi Mukhtar,SP., Waka Polres Lampung Barat Kompol Sukandar,SH, Kodim Lampung Barat Pelda Surono, Kepala Bappeda, Kadis Pertanian TPH, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Koperindag UMKM, Kadis Kesehatan, Kasis PU, Kabag Perekonomian Pembangunan, Kabag Hukum, Kepala BPS Lambar/Pesisir Barat, Kepala Bulog Lambar/Pesisir Barat, Ketua Komisi Penyuluh, Ketua KTNA, Ketua Perhiptani, Ketua HKTI.

Dalam kegiatan tersebut membahas UU No. 18 Tahun 2012 tentang pangan. “Ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat untuk dapat hidup sehat, aktif dan produktif secara berkelanjutan. Implikasi Konsumsi Pangan, Kebutuhan dasar manusia, beragam, bergizi seimbang, aman, Lingkup Kegiatan Penyusunan Neraca Bahan Makanan (NBM).

WhatsApp Image 2017-05-15 at 14.07.59Masing-masing instansi menyampaikan saran dan pendapatnya untuk menyamakan persepsi selanjutnya rapat koordinasi akan di adakan kembali di Polres Lampung Barat dari itu  semua dari dinas dan kepala Intansi dapat Hadir, di harapkan tidak ada yang di wakilkan dan agar masing-masing membawa data lengkap stok kebutuhan pokok, baru nanti kita akan turun kelapangan untuk Operasi Pasar secara bersama-sama, “ Ucap Waka Polres Kompol Sukandar,SH. Mendampingi Kapolres AKBP Andy Kemala,S.Ik.M.M., saat di Konfirmasi di ruang kerjanya pada sela 16/05/2017.

Masih kata waka, apa bila nanti kita lakukan sidak di lapangan kalau data stok kebutuhan Bahan pokok sudah cukup, disaat kita laksanakan Operasi pasar kalau ada barang bahan pokok yang langka ataupun naik harga yang tidak sesuai dengan data, nanti disitu terlihat berarti ada penimbunan barang, dari situ kita nanti Pihak Penegak Hukum dan Keamanan dapat melakukan penindakan, secara Pidana maupun sanksi Administrasi lainnya.

perlu kita rumuskan, dari arahan hasil rapat Kapolri dan Mendagri, Mentri Perdagangan, disitu ada edaran khusus dan mengancam bagi pemain kebutuhan bahan pangan bahwa setiap tahun menjelang Ramadhan dan Hari Raya selalu terjadi kelangkaan dan kenaikan harga Bahan Pangan. untuk tahun ini kita akan lakukan tindakan, beda dengan tahun tahun sebelumnya, nanti kita akan lakukan tindakan pidana khusus bagi oknum yang menyebabkan kelangkaan dan kenaikan bahan pangan, tindakan ini tidak seperti tahun – tahun biasanya, “ Tegasnya.

Penulis         : Edi Susanto

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Edi Susanto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password