Dukung Tugas dan Kewenangan BI dan Polri, Kapolda Sulsel dan Kepala BI Sulsel Teken MoU

Tribratanews.polri.go.id.- Makassar Sulsel, Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi  Sulsel menandatangani pokok-pokok kesepahaman tentang cara pelaksanaan kerjasama dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan kewenangan Bank Indonesia dengan Polri di Kantor perwakilan BI Sulsel, Jl.Jenderal Sudirman No.3 Makassar, Rabu (17/05).

Dalam nota kesepahaman tersebut disepakati tentang penegakan hukum tindak pidana sistem pembayaran dan kegiatan valuta asing,dan pelanggaran kewajiban penggunaan uang rupiah, serta juga disepakati pengawalan kegiatan kawal angkut dan pengelolaan uang rupiah.

Penandatangan nota kesepahaman tersebut disaksikan juga oleh pejabat Pengadilan Negeri, Kejaksaan, Staf BI, dan puluhan wartawan  serta perwakilan dari BI Pusat ibu Suzana.

WhatsApp Image 2017-05-17 at 4.08.58 AM

 

 

 

 

 

 

Kapolda Sulsel Irjen Pol. Drs. Muktiono yang didampingi Direskrimsus Polda Sulsel Kombes Pol. Yudhiawan menjelaskan penandatanganan nota kesepahaman tersebut sebagai bentuk sinergitas dalam mengatasi berbagai tindak kejahatan keuangan dan transaksi lainnya terutama di bidang penegakkan hukum.

Sinergi antara pihak kepolisian dan BI bisa mencakup bidang tukar menukar data atau informasi pengamanan dan pegawalan hal-hal yang berkaitan dengan tindak kejahatan keuangan.

“yang terpenting nantinya adalah implementasi, Polda Sulsel akan semaksimal mungkin melakukan penegakan hukum dan pemeliharaan keamanan, pada kegiatan bank,” tambahnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kapolda Maluku ini juga mengharapkan penanganan di bidang sistem pembayaran lebih efektif dan sistem keamanan lebih terwujud dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman tersebut.

Sementara itu Kepala Perwakilan BI Sulsel, Wiwiek Sisto Widayat, menjelaskan penandatanganan Nota Kesepahaman ini merupakan  tindak lanjut Mou Kapolri dan Gubernur BI pada 1 September 2014, kemudian memperbaharui MoU Kapolda Sulsel dan BI Sulsel, 15 November 2015.

“Dengan tugas BI yang vital ini, kami memerlukan pengamanan dan pengawalan dari Polri, karena Polri punya kompetensi yang mampu menghadapi gangguan dan ancaman yang berintegritas tinggi,” kata wiwiek.

WhatsApp Image 2017-05-17 at 3.51.48 AM

 

 

 

 

 

 

Penulis : Syarif
Editor : Umi Fadilah
Publish : Sumarwan

Admin Polri55263 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password