Meningkatkan Kemampuan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis, Polda Maluku Utara Laksanakan Pelatihan

pelatihan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Telah dilaksanakan, Acara Pembukaan Kegiatan Pelatihan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Polda Maluku Utara Dan Polres Jajaran T.A. 2017 yang bertempat di Gedung Jananuraga Polda Maluku Utara. Rabu, 17 Mei 2017 Pukul 08.30 Wit.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Drs. Tugas Dwi Apriyanto S.H.,M.M, Irwasda Polda Malut, Pejabat Utama Polda Maluku Utara, Kasubag Arsip Setum Mabes Polri (AKBP Astina Pasaribu), dan Peserta Pelatihan.

Dalam sambutannya,Kapolda Maluku Utara Utara Brigjen Pol Drs. Tugas Dwi Apriyanto S.H.,M.M, menyampaikan bahwa Sistem Informasi Kearsipan Dinamis sangat menunjang tugas Polri, oleh karena itu sangat penting dan diperlukan petugas yang mengemban fungsi kearsipan adalah petugas yang betul-betul bisa menekuni bidang ini. Sehingga ketika diperlukan, maka segala bentuk arsip dapat disajikan secara cepat dan tepat kepada pimpinan atau pejabat polri.

Kapolda Juga mengucapkan selamat datang kepada Tim Instruktur dari Setum Mabes Polri, semoga dapat melaksanakan pelatihan dengan baik.

“Kepada peserta pelatihan agar mengikuti kegiatan ini dengan cermat sehingga dapat memahami dan melaksanakan dengan baik dan benar.” Harapnya.

Setelah menyampaikan sambutannya, Kasetum Polri juga menyampaikan sambutannya yang dibacakan oleh Kasubag Arsip Setum Polri AKBP Astina Pasaribu yaitu sebagai pembina fungsi kesektariatan, Setum Polri senantiasa untuk meningkatkan kualitas SDM bidang kesektariatan diantaranya di bidang kearsipan yaitu dengan melakukan pendidikan dan pelatihan arsiparis baik di tingkat ahli maupun terampil.

“Setum Polri telah melakukan pengembangan dalam bidang kesektariatan yaitu dengan menerapkan aplikasi SIKD di lingkungan Setum Polri.” Lanjutnya

“Aplikasi SIKD berdasarkan pada peraturan kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) nomor 15 Tahun 2015 tentang aplikasi SIKD dan SIKS yang sejalan dengan program pemerintah yang menghendaki proses surat menyurat di lingkungan kementrian / lembaga dalam dilaksanakan secara elektronik sehingga lebih cepat, aman dan sesuai dengan promoter.” Ucapnya

“Dengan pelatihan ini diharapkan akan diperoleh kesamaan pemahaman mengenai alur penanganan surat menyurat, baik surat masuk maupun surat keluar serta cara pengarsipan dan pemusnahannya dan Pelatihan ini juga mengasah kemampuan pimpinan dan staf dalam menangani surat menyurat secara elektronik yang secara bertahap akan mulai diterapkan di lingkungan Polri.”Harapnya.

 

 

Penulis                         : Muis

Editor               : Umi Fadilah

Publish                         : Mandala Putra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password