Sukses Dibidang pemeliharaan dan Ketertiban Masyarakat, Walikota Makassar Terima Penghargaan Tertinggi dari Kapolri

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Wali kota Makassar Danny Pomanto menerima penghargaan tertinggi dari Kapolri dalam bidang pemeliharaan dan ketertiban masyarakat dihadapan para Jenderal Jajaran Kepolisian dalam Musrenbang Polri 2017 di Auditorium STIK – PTIK Jakarta, Senin (15/5/17).

Kapolri Jenderal Pol. Drs. Tito Karnavian, M.A, Ph.D secara resmi membuka acara Musrenbang Polri Tahun 2017 dengan tema “Akselerasi Reformasi Birokrasi Guna Mewujudkan Polri Yang Promoter”.

Hadir dalam Musrenbang Tahun 2017 Wakapolri Komjen Pol Drs Syafruddin, Irwasum Polri, Para Kabag, Para Kadiv dan Pejabat Polri serta diikuti Wakapolda dan Karo Rena Polda Se Indonesia, Karo Renmin dan Kabag Renmin dan Kabag Renmin Satker Mabes Polri.

Dalam Musrenbang kali ini penghargaan diberikan kepada Walikota Makassar dalam upaya-upaya Kota Makassar menggagas War Room (Command Centre) dan CCTV yang menjadi salah satu indikator dalam rangka menciptakan ketentraman dan keamanan dilingkup masyarakat.

Selain mampu memantau situasi Kota Makassar dengan koneksi CCTV, command centre juga memiliki layanan seperti panic button untuk masyarakat. Panic button ini digunakan masyarakat untuk menyampaikan indikasi atau melaporkan jika terjadi kejahatan kriminal.

Saat peresmian, Command centre telah terkoneksi dengan 350 CCTV di beberapa titik lokasi di kota Makassar, dan rencananya di akhir tahun 2017 target CCTV terpasang sebanyak 900 titik.

Dengan adanya dukungan Command centre diharapkan pelaksanaan tugas oleh Polri khususnya Polrestabes Makassar secara preemtif dan preventif dapat mencegah, menghambat dan menghentikan tindakan pelaku kejahatan yang sedang berupaya atau sedang melakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum.

Selain itu juga untuk melindungi masyarakat dari ancaman perbuatan atau perbuatan pelaku kejahatan yang dapat menimbulkan korban jiwa maupun kerugian harta benda, sehingga akan terciptaknya rasa aman bagi masyarakat. Kehadiran aparat kepolisian diberbagai tempat sangat dibutuhkan untuk mencegah munculnya gangguan kamtibmas.

Respon cepat yang diberikan aparat kepolisian atas berbagai laporan/ pengaduan masyarakat dapat meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat atas kinerja pelayanan Polri. Meningkatnya kepercayaan masyarakat atas kinerja Polri selanjutnya akan mendorong berkembangnya dukungan dan partisipasi masyarakat dalam memelihara kamtibmas.

Keberhasilan pelaksanaan pencegahan kejahatan akan memberikan dampak meningkatnya kinerja pelayanan kamtibmas Polri secara nasional. Keberhasilan pencegahan kejahatan selanjutnya akan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi tercapainya tujuan Polri.

Penulis : Bara

Editor.  : Umi Fadilah

Publish : Sumarwan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password