Polres Parepare Menyambut Niat Baik MPC Pemuda Pancasila yang Ingin Membantu Memelihara Keamanan Kota Parepare

Tribratanews.polri.go.id – Parepare Sulsel, Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kota Parepare yang diketuai Fadly Agus Mante bersama anggotanya berkunjung ke Polres Parepare sebagai bentuk silaturahmi.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh Waka Polres Kompol H. M. Syawal Yusuf, S.Sos yang berlangsung diruang Loby Mako Polres Parepare, Selasa (16/05/17) Siang.

MPC Pemuda Pancasila berharap pihaknya dapat ikut berperan serta membantu pihak Kepolisian khususnya Personil Polres Parepare dalam penanganan saber pungli dan pergerakan HTI yang terjadi diwilayah Kota Parepare, menurutnya pergerakan HTI saat ini sudah masuk ketingkat Mahasiswa,

Ia juga menyampaikan agar kiranya pemerintah Kota Parepare dapat mengantisipasi adanya pergerakan masyarakat dalam hal menyalakan lilin sebagai bentuk dukungan simpatisan terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta, “Meski saat ini wilayah Parepare dalam situasi yang kondusif,” ujar Fadly Agus Mante.

Sementara itu Waka Polres Parepare mengapresiasi niat baik MPC Pemuda Pancasila yang bersedia membantu pihak kepolisian dalam hal menjaga keamanan diwilayah Kota Parepare.

Meski dibeberapa wilayah khususnya di kota-kota besar terlihat beberapa aksi baik itu melalui media Koran, Tv dan Online tentang ancaman NKRI namun hingga saat ini di wilayah Kota Parepare tetap aman dan kondusif.

Apa yang disampaikan oleh MPC Pemuda Pancasila Kota Parepare akan kami tindak lanjut dengan mengedepankan sistem kekeluargaan mengingat warga Kota Parepare cenderung masih memegang teguh tali persaudaraan antar sesame,” tutup Waka Polres.

Pemuda Pancasila adalah sebuah organisasi paramiliter Indonesia yang didirikan oleh Jenderal Abdul Haris Nasution pada 28 Oktober 1959, sejak tahun 1981 dipimpin oleh Japto Soerjosoemarno.

Dikutip dari Wikipedia, organisasi ini dibentuk dari gangster politik semi-resmi (preman) yang mendukung kediktatoran militer Orde Baru Soeharto. Nama ini mengacu pada Pancasila, “lima prinsip” resmi dari Negara Indonesia.

Pemuda Pancasila memainkan peran penting dalam mendukung kudeta militer Suharto pada tahun 1965: mereka menjadi pasukan kematian bagi tentara Indonesia, menewaskan satu juta atau lebih yang dituduh komunis dan Tionghoa-Indonesia di seluruh Provinsi Sumatera Utara, seperti yang dijelaskan dalam film documenter Jagal 2012.

Dalam film dokumenter tersebut, dinyatakan bahwa organisasi saat ini memiliki tiga juta anggota. Perkiraan keanggotaan nasional dari akhir 1990-an berkisar 4-10.000.000 orang.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password