Polda Gorontalo Laksanakan Dialog Interaktif Tentang Mencegah Paham Radikalisme

Tribratanews.Polri.go.id – Polda Gorontalo, Selasa 16 Mei 2017 Pukul 09.10 Wita Kasubbid III Direktorat Intelkam Polda Gorontalo Akbp Roni Engahu, S. Pd melaksanakan Dialog Interaktif di RRI Provinsi Gorontalo dengan Tema “Memelihara Kerukunan Antar Umat Beragama Dan Mencegah Paham Radikalisme Dan Aksi – Aksi Intoleransi”.

Bersama –  sama Kabid Binmas Islam Kanwil Kemenag Propinsi Gorontalo Bapak Sabara K. Ngou, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bapak Abdul Latif Mile, serta Kasubbid ormas Kesbangpol Bapak Iskandar.

Pada dialog tersebut yang dilaksanakan selama 1 (satu) jam distudio Pro 1 (satu) RRI Provinsi Gorontalo.

Kemenag Provinsi Gorontalo menjelaskan bahwa kementrian sebagai pengemban tugas untuk mencegah paham – paham radikal yang diamanahkan oleh pemerintah sebagai pelaksana di bidang keagamaan.

Dalam misinya diungkapkan bahwa untuk meningkatkan pengetahuan dan penghayatan nilai –  nilai agama,”jelasnya.

Disamping itu pula beliau juga menegaskan bahwa kementerian membentuk Forum kerukunan Umat Beragama (FKUB) merupakan suatu kulturalisme nenek moyang kita yang dengan susah payah dibangun sehingga dengan hal tersebut dijelaskan bahwa manusia di ciptakan dengan berbagai macam suku dan bangsa tentunya dengan adanya perbedaan tersebut harus dapat dipahami oleh kita semua.

Pada kesempatan itu pula beliau menyampaikan bahwa bagi tokoh agama yang mempunyai pemahaman – pemahaman memberikan pembinaan dengan meyakinkan tanpa ada menyalahi keyakinan dari pada agama masing-masing.

Kasubbid III Intelkam Polda Gorontalo menjelaskan dalam dialog bahwa Polri sesuai dengan Undang – undang Kepolisian Nomor 02 tahun 2002, terlepas dari penegakan hukum sebagai memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat juga memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat yang dalam hal ini Polri memberikan pelayanan mulai dari tingkat Polda, Polres dan Polsek yang dalam hal ini juga sudah disebar semua anggota Bhabinkamtibmas dan Ba Pulbaket (Bintara pengumpul bahan keterangan)  yang tentunya untuk mendeteksi setiap kejadian memberikan informasi awal  yang terjadi diwilayah  propinsi gorontalo serta memberikan penyuluhan kepada masyarat dengan maksud tidak terjadi paham – paham radikal yang ada di Provinsi Gorontalo.

Untuk mengoptimalkan hal tersebut Polri memberikan Bhabinkamtibmas dengan memberikan 1 (satu) Polisi 1 (satu) Desa dengan harapan untuk menjaga masyarakat untuk tidur nyenyak karena setiap anggota bhabinkamtibmas di desa – desa menjaga 1 x24 jam,”Ungkap Kasubbid III Intelkam

Melalui itu pula Bapak iskandar menyatakan bahwa kesbangpol memberikan penyuluhan berupa 4 pilar kebangsaan untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban masyarakat.  Disamping itu pula mengatakan bahwa kesbangpol melakukan koordinasi dengan kesbangpol Kabupaten dan Kota Gorontalo dengan tujuan untuk memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada para pemuda dan tokoh – tokoh masyarakat untuk mencegah paham – paham radikal.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bapak Abdul Latif Mile, menyatakan pula bahwa kerukunan  umat beragama yang ada di Republik Indonesia khususnya di Provinsi  Gorontalo  adalah suatu hal yang mesti dan harus dipertahankan dengan perbedaan antara lain dengan selalu mengadakan pertemuan dengan semua Agama yang terhimpun dalam FKUB yang dilakukan  setiap  bulan sekali dengan tujuan untuk mencari  setiap permasalahan  disetiap umat beragama masing – masing, yang menurutnya alhamdulillah sampai saat ini tidak ada yang terjadi atau ada permasalahan, perbedaan,  pemahaman yang mengakibatkan suatu permasalahan antar umat beragama  hingga  bulan ini di Provinsi  Gorontalo.

Terakhir Kasubbid III memberikan pesan bahwa mari bersama – sama  menjaga kamtibmas dan dapat menginfomasikan yang falid sehingga setiap informasi dapat memberikan hal yang positif terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat.

Begitu pula dari Kabid Binmas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo Bapak Sabara K. Ngou menyampaikan bahwa Mari mengamalkan sesuai dengan ajaran agama, dan memaklumi perbedaan yg ada sesuai dengan ajaran agama serta saling menghargai hidup bertoleransi.

Penulis         : Halim

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Firdha

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password