Turnamen Kejuaraan Bola Voli Kapolda Cup Diikuti 23 Kontingen Se-Sulawesi Selatan

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Irwasda Polda Sulsel Kombes Pol Lukas Arry Dwiko Utomo secara resmi membuka turnamen kejuaraan bola voli Kapolda Cup 2017 dalam rangka Hari Bhayangkara ke-71 di Lapangan Bola Voli Mapolda Sulsel, Selasa (16/5/17).

Turnamen ini akan diikuti 23 kontingen dari kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan yakni Makassar, Gowa, Maros, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Selayar, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo, Sidrap, Pangkep, Barru, Pare-pare, Pinrang, Palopo, Tator, Enrekang, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara. Turnamen akan berlangsung mulai hari ini, 16–20 Mei 2017.

Membacakan  sambutan Kapolda Sulsel, Lukas mengatakan bahwa  Kapolda Cup ini bukan hanya ajang untuk mengejar gelar juara, tetapi yang terpenting adalah sportifitas, dan sekaligus mempererat hubungan antar atlet dan aparat Kepolisian.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk pembinaan atlet dan memasyarakatkan olahraga voli. Turnamen ini juga sebagai ajang pemanasan menuju Pra Porda Cabang Bola Voli Outdoor Tahun 2017.

Berikut 24 perwakilan Polres jajaran Polda Sulsel diantaranya, Makassar, Gowa, Maros, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Selayar, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo, Sidrap, Pangkep, Barru, Pare-pare, Pinrang, Palopo, Tator, Enrekang, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara.

Olahraga bola voli merupakan salah satu olahraga tim yang cukup populer selain bola basket dan sepak bola. Tak hanya belajar bekerja sama dengan teman satu tim, bermain bola voli dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat olahraga bola voli bagi kesehatan antara lain :

  1. Meningkatkan stamina

Olahraga bola voli memerlukan stamina yang cukup untuk dimainkan. Stamina tersebut bisa didapatkan jika rutin melakukan olahraga bola voli ini. Stamina yang bagus bisa kita manfaatkan untuk aktivitas lainnya misalnya untuk bekerja atau aktivitas sehari-hari.

  1. Mengurangi kecemasan

Olahraga seperti olahraga bola voli dapat bermanfaat bagi kesehatan mental kita. Kecemasan yang biasanya dimiliki jika menghadapi masalah akan berkurang jika digunakan untuk berolah raga. Saat berolahraga maka pikiran kita bisa fokus pada kegiatan olahraga tersebut sehingga kecemasan terhadap masalah lain bisa berkurang atau bahkan menghilang. Jadi olahraga bola voli tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik saja tapi kesehatan mental juga.

  1. Mencegah osteoporosis

Gerakan-gerakan dalam olahraga bola voli ini akan membuat tulang menjadi banyak bergerak sekaligus dapat mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Makanan yang bergizi dan olahraga yang rutin dapat mengatasi masalah osteoporosis sehingga tulang tetap sehat dan tidak mudah rapuh.

  1. Membakar lemak

Manfaat lain dari olahraga bola voli yaitu dapat membakar lemak. Lemak yang menumpuk di dalam tubuh dapat diatasi dengan berolahraga rutin salah satunya olahraga bola voli. Olahraga bola voli sendiri memang cukup menguras tenaga apalagi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Namun olahraga ini juga menyenangkan sehingga cocok dilakukan untuk berolahraga sambil bersenang-senang sekaligus dapat membakar lemak.

  1. Memperlancar metabolisme

Metabolisme tubuh yang lancar akan berpengaruh pada kesehatan tubuh yang baik. Kinerja metabolisme tiap orang berbeda-beda namun jika tidak lancar akan berpengaruh pada menurunnya kesehatan tubuh. Jadi olahraga rutin seperti bermain bola voli bersama teman-teman mampu memperlancar metabolisme tubuh.

  1. Memperbaiki kinerja otot dan syaraf

Saat bermain bola voli kita harus dapat menyeleraskan antara kinerja syaraf dan juga otot. Permainan bola voli membutuhkan gerakan yang cepat untuk mendapatkan bola dan memukulnya ke arah lawan. Pemain harus berlari dan memukul bola berarti harus menyelaraskan juga gerakan kaki dan tangan. Jika dilakukan secara rutin maka dapat memperbaiki kinerja otot dan syaraf yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Memperbaiki konsentrasi

Konsentrasi ini berkaitan dengan kesehatan mental untuk dapat fokus pada suatu hal yang memang membutuhkan perhatian lebih. Pada permainan bola voli, pemain dituntut untuk konsentrasi pada permainan terutama pada pergerakan bola. Mereka juga perlu memperhatikan posisi teman-teman mereka dan posisi lawan sehingga dapat menempatkan bola dengan tepat dan mendapatkan angka. Jika terbiasa berkonsentrasi di lapangan voli tentu bisa diaplikasikan di tempat lainnya misalnya di tempat kerja ataupun saat melakukan sebuah pekerjaan di mana saja.

Penulis : Ros

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password