Polda Sulut dan Jajaran Amankan Jalannya Aksi Damai di Depan Kantor Gubernur

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Personel Polda Sulut dan jajaran mengamankan jalannya aksi damai oleh massa yang menamakan dirinya Gerakan Minahasa Raya di depan Kantor Gubernur Sulut, Jalan 17 Agustus Manado, Senin (15/05/2017) siang.

Pengamanan tersebut diawali dengan apel kesiapan di halaman Mapolda Sulut, Senin pagi, dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut, Irjen Pol Drs. Bambang Waskito. “Laksanakan pengamanan dengan sebaik-baiknya. Hindari sikap arogan,” tegas Kapolda dalam arahannya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol Ibrahim Tompo menerangkan, jumlah personel pengamanan aksi damai tersebut berjumlah 1.619 orang. “Ini merupakan personel gabungan dari Mapolda Sulut, Brimob dan Polres/ta jajaran yaitu Manado, Bitung, Tomohon, Minahasa, Minahasa Utara dan Minahasa Selatan,” jelasnya.

fere3

Usai apel, seluruh personel langsung bergeser ke lokasi aksi damai. Sekitar pukul 13.00 WITA, massa yang berjumlah ratusan orang mulai mendatangi Kantor Gubernur Sulut dipimpin beberapa koordinator lapangan (korlap). Aksi damai ini diawali dengan doa yang dipimpin oleh Pendeta Middle Onibala.

Sesaat kemudian salah seorang korlap, Rocky Oroh menyampaikan beberapa tuntutan yang salah satu isinya menolak keras adanya organisasi radikal yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Meski sempat diguyur hujan, aksi tersebut tetap berjalan dan personel kepolisian tetap bersiaga penuh untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Sekitar pukul 15.00 WITA, Kapolda didampingi sejumlah pejabat utama mendatangi lokasi aksi damai untuk memantau langsung jalannya pengamanan. Dalam kesempatan ini, Kapolda sambil bergandengan tangan dengan para korlap, mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti aksi damai dengan tertib. Massa selanjutnya membubarkan diri.

Usai pengamanan, seluruh personel selanjutnya mengikuti apel di halaman Kantor Gubernur Sulut. Apel ini kembali dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut. “Terima kasih kepada seluruh personel yang telah menjalankan tugas dengan maksimal sehingga aksi damai ini berakhir dalam kondisi aman, kondusif dan terkendali,” pungkas Kapolda disambut aplaus seluruh personel.

Penulis: Roni
Editor: Umi Fadilah
Publish: Pri

Admin Polri56606 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password