Kapolsek Mimika Timur Lakukan Pertemuan Guna Mencari Solusi Perdamaian Kelompok Yang Bertikai di Kampung Kadun Jaya KM 11

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Timika – Bertempat di Manna Bakery jalan Cenderawasih Timika telah berlangsung pertemuan antara Kapolsek Mimika Timur Akp Florensin Y Nari, SH dengan Kadistrik Wania Leonard Kareth, Kepala Kampung Kadun Jaya Elias Yawa dan kepala Suku Nduga Elipanus Wasareak, serta tokoh Agama Pdt. Moses Lokbere, guna menyikapi perkembangan situasi kamtibmas di lokasi kampung Kadun Jaya Km 11 pasca meninggalnya sdr. Hengki Lokbere yang hingga saat ini belum adanya prosesi adat perdamaian secara umum, Senin (15/05/2017) siang.

Kapolsek Mimika Timur menjelaskan terkait maksud dan tujuan dilakukannya pertemuan ini akan dijadikan bahan pertimbangan untuk melakukan langkah yang mengarah pada terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di lokasi kampung Kadun Jaya Km 11.

“Secara tekhnis adanya surat pernyataan yang telah dibuat oleh pihak Korban dan Tokoh yang ada sehingga perlunya pertangung jawaban guna adanya keputusan demi terlaksananya prosesi adat perdamaian secara umum,” kata Kapolsek.

Penyampaian pdt. Moses Lokbere bahwa terkait dengan surat pernyataan yang sudah dibuat itu merupakan bagian langkah yang baik sehingga telah terlaksana tahapan peosesi adat dan tinggal proses terakhir yakni proses adat perdamaian belah kayu secara umum sebagai tanda selesainya permasalahan yang terjadi.

“Kami sudah melakukan penekanan khususnya kepada pihak keluarga korban terkait dengan situasi yang ada agar dapat menyerahkan persoalan yang ada kepada Tuhan jangan lagi ada aksi pembalasan karena masalah pembalasan adalah Hak Tuhan, hal ini disampaikan pada saat prosesi tahapan bakar batu yang dilakukan dilokasi jalur 1,” katanya.

Lanjutnya lagi, untuk penyelesaian permasalahan yang ada agar pihak Dugure, kepala perang harus bertanggung jawab dan tidak boleh meninggalkan lokasi sebelum permasalahan ini selesai. Secara khusus pihak kelompok jalur 2 (pihak pelaku) telah siap dan menunggu proses adat belah kayu sebagai tanda proses perdamaian secara umum dari pihak Korban khususnya pihak jalur 1.

Kepala suku Nduga menyampaiakan bahwa  pihak dugure / kepala perang pihak jalur 3 secara adat harus bertanggung jawab namun saat ini keberadaannya mendapat tekanan dari pihak keluarga Korban.

“Terkait dengan pertangungjawaban pelaksanaan prosesi adat perdamaian belah kayu Sdr. AEU tetap bertanggung jawab namun kekuatan untuk laksanakan hal itu hingga saat ini yang menjadi kendala dalam pihak keluarga Korban terdapat berbagai pandangan terkait pelaksanaan prosesi adat belah kayu mengingat adanya status sosial dalam adat yang harus dijalani,” ujarnya.

Sementara itu Kadistrik Wania menyampaikan bahwa Pokok permasalahan yang terjadi selama ini adalah berawal dari masuknya orang luar yang bukan berdomisili langsung di lokasi kampung Kadun Jaya Km 11 untuk itu perlunya dilakukan pendataan dan penertiban kembali khusunya terkait dengan yustisi KTP.

Sedangkan  Kepala Kampung Kadun Jaya menyampaikan, perlunya penertiban terhadap masyarakat khususnya yang akan keluar masuk area Timika pada umumnya dan pada khususnya area kampung Kadun Jaya Km 11 dengan memberikan surat jalan agar jelas tentang domisili masyarakat.

Kesimpulan dalam pertemuan tersebut adalah meminta kehadiran AEU agar segera laksanakan prosesi adat belah kayu perdamaian secara umum dan akan dilakukan koordinasi serta komunikasi dengan pihak terkait di Kabupaten Nduga terkait mengetahui keberadaanya.

Demi terlaksananya prosesi adat belah kayu perdamaian secara umum maka perlunya dilakukan pemanggilan dan penahanan dari pihak keluarga Korban guna dimintai keterangannya agar dapat mengambil keputusan yang positif sesuai bagian dari pertanggungjawaban atas surat pernyataan yang telah dibuat.

Penulis      : Lusy
Editor        : Umi Fadilah
Publisher  : Reinaldy N R

Admin Polri55935 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password