Kelompok Tani Keluhkan Pengairan, Bendungan di Desa Panggung Balangan Dimaksimalkan

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Memberikan ketenangan warga desa adalah tugas bersama dari lingkup terkecil,  dari kepala desa dibantu dengan aparatnya serta petugas Bhabinkamtibmas yang selalu bersinergi. seperti halnya yang dilakukan oleh Aiptu Ronal Sitinjak, S.H yang setia terhadap warga desa binaannya memberikan solusi permasalahan yang dihadapi warga desa Pangung kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan.

Bertempat di rumah kepala desa Panggung bapak Yusnadi pada Senin (15/5/2017) pukul 21.00 Wita, Berkumpul perangkat desa, kelompok tani serta Aiptu Ronal Sitinjak, S.H guna membahas permasalahan pengairan bagi para petani warga desa Panggung yang beberapa waktu yang lalu mengalami kendala.

Dari hasil yang di sepakati dalam rapat yang berlangsung cukup seru ini yaitu bendungan (Tabat banyu) di gunakan untuk pengairan sawah, bendungan dipergunakan untuk pentingan umum dan tidak boleh berpihak siapapun.

Untuk keberadaan ikan yang dipelihara di bendungan akan dipanen bersama masyarakat setelah masa panen padi selesai, Apabila ditemukan masyarakat mengambil ikan di bendungan dengan cara menyetrum, memutas atau meracun akan dituntut sesuai hukum yang berlaku tanpa pandang bulu.

WhatsApp Image 2017-05-15 at 22.57.28

Ketegasan yang diambil secara musyawarah ini setujui oleh semua masyarakat yang hadir baik perangkat desa maupun kelompok tani dengan disaksikan oleh Bhabinkamtibmas desa Panggung Aiptu Ronal Sitinjak, S.H, musyawarah bendungan Pengairan Persawahan ini berlangsung dengan lancar .

Kepala desa Panggung bapak Yusnadi membenarkan kegiatan musyawarah ini “Bersama perangkat desa, kelompok tani maupun Bhabinamtibmas, permasalahan pembagian air pada bendungan yang ada di desa Panggung ini dapat menghasilkan kesepakatan yang saling menguntungkan antar warga” terangnya.

“Bagi warga yang menyalahi aturan kesepakatan terutama pengambilan ikan di bendungan dengan cara menyetrum atau menebar racun akan kami tindak sesuai hukum” tegas Aiptu Ronal Sitinjak, S.H.

Penulis : Lois Adi

editor    : Umi Fadilah

Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password