Hari Jadi ke 101, Pemkab Sleman Gelar Napak Tilas Bedhol Projo

tribratanews.polri.go.id -jogja- Menyambut hari jadinya yang ke-101, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menggelar serangkaian acara yang dimulai pada April hingga puncaknya hari ini, Senin (15/5/2017). Beragam acara mulai dari kegiatan sosial hingga pameran potensi daerah digelar, dan di puncaknya digelar Upacara Hari jadi Sleman dimulai dengan napak tilas Bedhol Projo di Lapangan Denggung Sleman.

Bedhol Projo memiliki nilai historis tersendiri bagi warga Kabupaten Sleman, yaitu berpindahnya pusat pemerintahan kabupaten sleman dari Pendopo Agung Pesanggrahan Ambarrukmo ke Desa Beran, Tridadi, Sleman. Dengan menggunakan dokar hias, napak tilas dimulai dari Pendopo Agung Pesanggrahan Ambarrukmo melewati Tugu Jogja kemudian ke utara menuju tempat digelarnya upacara.

bedhol projo 1

Sebelum upacara dimulai disuguhkan pagelaran tari kolosal Ciptaning Adi Sembada, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Gending Mars Sleman Sembada. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Sleman Ir. H.  Sri Purnomo dan dihadiri prajurit dari perwakilan kecamatan dan kelurahan. Ada 108 prajurit bregada dari tiap kelurahan dan kecamatan serta dinas-dinas yang ada di kabupaten Sleman hadir memeriahkan pucak kegiatan. Dengan berpakaian prajurit adat serta membawa senjata tempo dulu berupa pedang, tombak, busur panah, dan diiringi musik tradisional khas prajurit Mataram.

Setelah upacara selesai dilanjutkan pelepasan balon dan burung merpati oleh Bupati dan Muspida Kabupaten Sleman. Kapolres Sleman AKBP Burkan Rudi Satria S.I.K dengan berpakaian adat jawa beskap turut menghadiri hingga acara kegiatan usai. Banyaknya warga masyarakat Sleman yang antusias menyaksikan, sejumlah anggota Polres Sleman pun memberikan pelayanan pengamanan di beberapa titik yang dianggap rawan tindak kriminal.

penulis : Dhenyy
editor : Umi Fadilah
publish : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password