Rakernis Fungsi Propam Sejajaran Tahun 2017, Kapolda Sumut : Propam Penjaga Kehormatan Polri

Tribratanews.polri.go.id, Sumut – Polda Sumut menggela Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Profesi dan Pengamanan (Propam) Poldasu yang mengambil tema : ”  Mewujudkan Postur Propam yang Promoter sebagai Garda terdepan penjaga citra Polri dan Benteng terakhir pencari Keadilan”.

Pembukaan Rakernis dilaksanakan pada hari senin tanggal 15 Mei 2017 bertempat di aula Catur Prsetya Polda Sumut dibuka oleh Kapolda Sumut Irjen Pol. Dr H Rycko Amelza Dahniel M.Si yang dihadiri oleh Irwasda Polda Sumut dan para Pejabat Utama Polda Sumut.

Ketua panitia AKBP Budiman Butar Butar dalam laporan kesiapan dalam rangka Rakernis Fungsi Propam sejajaran Polda Sumut tahun 2017 menyampaikan Rakernis dilaksanakan selama 3 hari mulai dari hari Senin tanggal 15 Mei 2017 sd Rabu 17 Mei 2017 bertempat di aula Catur Prasetya Polda Sumut.

“Peserta 200 orang terdiri dari para Wakapolres, para kasubbag Renmin, Kasi Provos, Kasi propam sejajaran Polda Sumut dan perwakilan pers dari propam . Sementara Narasumber berasal dari internal dan eksternal yang terdiri dari Irwasda, Kabidkum, Kabid propam dan para Kasubbid dengan metode ceramah dan tanya jawab.” jelas AKBP Budiman.

WhatsApp Image 2017-05-15 at 12.09.24

Sementara dalam arahan dan bimbingannya,  Kapolda Sumut mengucapkan terima kasih kepada Kabid Propam yang telah melaksanakan kegiatan Rakernis ini.

“Propam tugasnya bersih bersih kedalam sehingga mampu menciptakan citra keluar.

Secara hakiki fungsi Propam ada dalam satu sistem dalam penyelenggaraan fungsi kepolisian ditingkat Polda.  Disitu ada fungsi utama dan ada fungsi pendukung, serta fungsi penjamin mutu.” tegas Kapolda Sumut.

Kapolda Sumut lanjut menjelaskan terkait Propam masuk didalam fungsi penjamin mutu didalamnya yang pertama terkait menjamin kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, SOP, Kode etik.

“Kedua fungsi Propam sebagai penjamin mutu juga berfungsi menjamin ketertiban. Propam patuh kepada peraturan, disiplin dan solid. Selanjutnya yang ketiga menjamin keamanan. Apakah itu keamanan personil, pengamanan materil, pengamanan dokumen dan pengamanan informasi. Dan yang terakhir Propam juga berfungsi menjaga marwah/kehormatan Polri.” ujarnya.

Kapolda Sumut menekankan keempat hakiki dari tugas dan fungsi Propam tersebut harus betul betul dipahami oleh seluruh penyelenggara fungsi Propam.

“Untuk bisa menjalankan 4 tugas propam ini diperlukan anggota yang memiliki kemampuan, ketrampilan dan integritas. Artinya anggota yang bertugas di Fungsi Propam harus orang orang yang yang memiliki integritas. Tidak mudah menjadi anggota Propam, karena yang diurus adalah teman sendiri.” jelas Irjen Rycko.

WhatsApp Image 2017-05-15 at 12.09.25

Kapolda berharap rakernis ini mampu mewujudkan dan membangun program upaya upaya pencegahan di bidang kepatuhan, bidang ketertiban, bidang pengamanan dan bidang menjaga kehormatan terhadap tindakan yang bisa berpengaruh terhadap rusaknya citra Polri.

“Anggota Propam harus diawaki oleh personil yang tangguh yang bisa jadi tauladan, lebih tertib, lebih disiplin dan lebih profesional.” Tutup Kapolda Sumut dalam arahannya.

Usai acara pembukaan, acara dilanjutkan dengan kegiatan rakernis yang nantinya akan ditutup pada Rabu nanti.

 

Penulis : Rico

Editor : Umi Fadilah

Publish : Rico

Admin Polri56290 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password