Intelijen Keamanan

WhatsApp Image 2017-05-15 at 09.56.15

tribratanews.polri.go.id – Polda Kepri, Apa yang terlintas Dibenak mu jika para polisi justru tidak Diperbolehkan berseragam sewaktu menjalankan tugasnya? ya, polisi yang memang tidak Diperbolehkan memakai seragam Diwaktu menjalankan tugasnya adalah polisi Intelkam.

Sat Intelkam adalah unsur pelaksana utama Polres yang bekerja dibawah Kapolres. Adapun tugas pokok Polisi Intel adalah sebagai mata dan telinga kesatuan lembaga Kepolisian, mereka mendengar dan melihat permasalahan Dimasyarakat, mengidentifikasi gangguan-gangguan yang terjadi Dimasyarakat atau hambatan terhadap Kamtibmas.

Sat Intelkam secara rahasia memantau, mengamati tindak tanduk yang terjadi Dimasyarakat, dan mengumpulkan semua informasi tersebut, Mereka menghasilkan informasi yang kemudian Dialihkan kepada fungsi Kepolisian yang terkait untuk meredam ancaman yang akan menjadi fakta / nyata. Sat intelkam ini juga memiliki tugas pokok lainnya yaitu melaksanakan pengamatan terhadap sasaran-sasaran tertentu dalam masyarakat Dibidang Ideologi politik ekonomi sosial budaya pertahanan dan keamanan (Ipoleksosbudhankam) bagi kepentingan yang membahayakan masyarakat.

Intelijen berkaitan dengan proses penginderaan awal atau system peringatan dini, kegiatan ini merupakan bagian integral system peringatan dini yang memungkinkan pembuat kebijakan memiliki kewaspadaan dini. Adapun fungsi Sat Intelkam ini dibentuk yaitu pengamanan dan  penggalangan untuk keperluan  pelaksanaan tugas dan fungsi Kepolisian, terutama penegakan hukum, pembinaan Kamtibmas, serta keperluan  tugas bantuan pertahanan dan kekuatan sosial. Adapun unsur pelaksana staf khusus atau teknis yaitu Bidang Sandi (Bidsandi), Bidang Intelijen Teknologi (Bidinteltek), Bidang pelayanan masyarakat (Bidyanmas), dan Bidang kerjasama (Bidkerma).

Selain melakukan pekerjaan Intelijen, Sat Intelkam juga melayani masyarakat terkait beberapa hal sebagai berikut :

  1. Penerimaan pemberitahuan dan pemberian ijin kegiatan masyarakat (Izin Keramaian).
  2. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  3. Administrasi dan pengawasan orang asing, serta
  4. Administrasi senjata api dan bahan peledak.

Penulis : Andi S

Editor : Umi Fadilah

Publish : Andi S

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password