PLBN Entikong Terima 14 TKI Bermasalah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Sebanyak 14 Warga Negara Indonesia di PLBN (Pos Lintas Batas Negara) Terpadu Entikong Kec. Entikong Kab. Sanggau. Rombongan WNI tersebut adalah Deportasi Tenaga Kerja Indonesia Bermasalah (TKIB) dari Negara Malaysia, Jumat (12/05) sore.

Ke 14 Warga Negara Indonesia tersebut terdiri dari 3 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Mereka tiba di PLBN Entikong dengan menggunakan 2 unit kendaraan ben dengan nopol WUS 6847 dan 29 504 CC, dikawal /diantar langsung oleh pihak imigrsen Malaysia Semuja Srian beserta Konsulat Jendral Republik Indonesia di Malaysia.

Sesampainya di PLBN Entikong petugas PLBN langsung menghitung dan mendata ulang jumlah TKI-B yang di Deportasi dan memisah jumlah TKI-B Per kota dan Kabupaten, Provinsi. Anggota Polsek Entikong dan P4TKI Entikong. Yang hadir di PLBN Entikong langsung melakukan Screning masing-masing TKI-B.

Dari hasil screning ditemukan beberapa permasalahan yang dialami Tenaga Kerja Indonesia Bermasalah (TKIB) dari Negara Malaysia, antara lain Pekerjaan tidak Sesuai, Gaji tidak sesuai, Tidak memegang paspor, Tidak ada permit dan kondisi sakit.

Anggota Kepolisian Sektor Entikong juga melakukan pengembangan kasus dari hasil screning apabila ada indikasi merupakan korban Traficking atau perdagangan orang guna mengusut agen TKI Ilegal dan jaringannya.

Dari hasil pemisahan TKIB per kota, Kabupaten dan Provinsi. Ditemukan 9 orang berasal dari Kalimantan Barat, 4 orang berasal dari Sulawesi Barat dan 1 orang dari NTT.

Setelah dilakukan proses screning, Tenaga Kerja Indonesia Bermasalah (TKIB) dari Negara Malaysia sebanyak 14 orang tersebut, kemudian diberangkatkan menuju kantor Depsos Pontianak.

Penulis : Denny Ardiyanto dan Reno Wisnu Pradana
Editor : Umi Fadilah
Publish : Cucu Syafiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password