Polsek Selakau : Operasi Patuh Kapuas 2017, Dua Pengendara Roda Dua Ditilang

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar – Polres Sambas, Kepolisian Republik Indonesia saat ini sedang melaksanakan Operasi Patuh Tahun 2017, Dimulai tanggal 9 Mei s/d 22 Mei 2017 serentak se-Indonesia. Begitu juga jajaran Polsek, Polres Sambas Polda Kalbar tepatnya Sektor Selakau turut serta dalam operasi penindakan bagi pelanggar berlalu lintas. Yang menjadi target / sasaran adalah kendaraan bermotor roda dua, roda empat maupun roda enam yang tidak Dilengkapi dgn surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK serta kelengkapan kendaraan bermotor seperti plat Nomor polisi yg tdk standar, helm, kaca spion, knalpot dan lainnya.

Kapolsek Selakau Iptu Ronald Deny Napitupulu, S.H., M.H. memimpin langsung anggotanya melaksanakan kegiatan rajia pada Jumat Sore 12 Mei 2017 di jalan raya Desa Semelagi Kec. Selakau kabupaten sambas. Tampak Ronald menyampaikan kepada personil yang melaksanakan kegiatan agar bersikap humanis, sopan santun, tidak arogansi , serta tidak menggunakan kekerasan dan tidak melakukan pengejaran kendaraan utk pelanggar lalu lintas kecuali yang diduga pelaku curat, curas dan curanmor karena dapat membahayakan yang dikejar maupun yang mengejar serta lakukan penindakan dgn profesional, prosedur, serta tidak pandang bulu.

Terlihat pada jarak 300-500 meter dari tempat dilaksanakannya rajia banyak kendaraan yang berhenti Dipinggir jalan yang kemungkinan besar menunggu pelaksanaan rajia berakhir yang hampir lebih kurang 2 jam Dilaksanakan.

Seperti salah satu pengendara asal Setapuk Kecil Kec. Singkawang Utara ini sebut saja Feri beserta istri dan kedua anaknya. Feri terpaksa berhenti di pinggir jalan untuk menghindari rajia, setelah ditanya dengan tersenyum malu feri berucap dirinya tidak memiliki SIM dan tampak juga istri dan anak-anaknya tidak menggunakan helm. Ditanya kenapa tidak punya SIM ” sudah mau buat bang, tapi tdk lulus ujiannya… nanti mau saya coba lagi dengan nada optimis “. Lain feri lain juga tingkah pengendara lainnya, begitu ditanya diam seribu bahasa kemudian tancap gas meninggalkan petugas yang memeriksanya.

Memang bukan pemandangan yang tak lazim apabila pihak Kepolisian menggelar rajia di Jalan raya, banyak Ditemukan pengendara berhenti di Pinggir jalan raya untuk menanti rajia untuk usai. Tampak pengendara yang lengkap begitu mulusnya meluncur dihadapan petugas, nah yang bermasalah kadang menampakkan tingkah laku ragu-ragu secara naluri kepolisian, petugas mengetahui gerak gerik pengendara yang tidak lengkap dan bermasalah tutur Aiptu Hendra Suberni yang berpengalaman Dibidang lalu lintas.

Pelaksanaan rajia kali ini berjalan aman dan tertib tidak ditemukan adanya komplain masyarakat serta pengendara sebab masyarakat sekarang sudah lebih dewasa dan memahami apa tujuan Dilaksanakan rajia lalu lintas. Untuk kali ini menurut Kapolsek Selakau melalui Ka Pos Pol Lantas Kec. Selakau Aiptu Hendra Suberni menerangkan tilang untuk pengendara pastinya 2 lembar, 2 lagi masih menunggu pengendara membawa Surat Kendaraan yang lengkap untuk selanjutnya di tilang, tak lupa juga petugas tilang menjelaskan bahwa denda tilang ini otomatis disetorkan kepada negara bukan kepada polisi yang menilang. Menurut Hendra ada dua cara pembayaran dalam tilang pertama ikut persidangan dan kedua agar masyarakat tidak ribet termakan waktu bisa lewat Atm BRI sistem Online.

Penulis. :Rio
Editor. :Umi Fadhilah/Sugeng Hs
Publish. :Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password