Sebanyak 1005 orang Casis Bintara Polri Panda Papua mengikuti Tes Psikolog

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Biro SDM – Jayapura – Tahapan seleksi penerimaan anggota Polri Terpadu Panda Papua TA. 2017 diikuti  1014 orang casis Bintara Polri Panda Papua pada tahap Tes Psikologi yang bertempat di Gor Waringin Jayapura, Jumat (13/5/17).

Setelah dinyatakan lolos pada tes Kesehatan Pertama, peserta yang tersisa untuk mengikuti tahap Tes Psikologi di Panda Papua sebnyak 1014 orang dimana pada saat pelaksanaan tes ada 9 peserta yang tidak hadir dan setelah dilakukan croscek oleh pihak Panitia, dari sembilan peserta tersebut tidak bisa hadir dengan alasan berbagai macam hal.

Tes Psikologi Casis Bintara Polri ini dilaksanakan oleh Bagian Psikologi Biro SDM Polda Papua, meliputi Tes Kecerdasan sebanyak 100 soal, Tes Kepribadian sebanyak 120 soal, Tes Kecermatan, Tes Minat dan Tes Inventori PWS.

IMG-20170513-WA0103

Sebelum Tes dimulai terlebih dahulu Direktur Narkoba Polda Papua Kombes Pol Drs. Ida Bagus Komang Ardika selaku Ketua TIM tes Psikologi menyampaikan arahan kepada para peserta bahwa “pada ujian tes Psikologi ini yang tes adalah para peserta sendiri apapun hasil akhirnya nanti tergantung dari kualitas kepribadian para peserta”.

Ketua tim Tes Psikologi mengharapkan pada Penerimaan anggota Polri Terpadu TA. 2017 di Panda Papua ini, dilaksanakan dengan prinsip BETAH dan anti K3N dapat terwujud sehingga pelaksanaan penerimaan anggota Polri dapat Clear and Clean yang artinya selesai dan bersih, tidak ada celah sedikitpun untuk bermain menembak diatas punggung kuda atau tidak terjadi yang namanya pungutan liar.

Pada kesempatan yang sama sebelum dimulainya waktu mengerjakan soal Tes Psikologi AKP M. Asep Muharam, M. Psi., Psikolog selaku Kasubbag Psikolog Biro SDM Polda Papua menyampaikan tentang mekanisme tatacara atau ketentuan dalam mengerjakan soal Psikologi serta menyampaikan permohonan maaf terkait dengan terlambatnya waktu penggandaan soal dikarenakan sesuai SOP yang telah ditentukan dari Karo Psikologi As SDM Polri dimana untuk waktu pembukaan password penggandaan Soal dilakukan secara serentah di seluruh Daerah mulainya tepat pukul 05.00 Wib atau pukul 07.00 Wit sehingga berpengaruh pada waktu pengerjaan Soal.

“Untuk mencegah adanya kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh oknum penyeleggara maupun peserta pada tahapan seleksi ini dilaksanakan dengan pengawasan dari Tim Eksternal (Komnas Ham dan Himpunan PSI Papua) dan Tim Internal Itwasda serta Propam Polda Papua”, ujar Ketua Tim Psikologi.

Penulis  :  Warsito
Editor    :  Umi Fadilah
Publish  :  Diyas

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password