Press Release Kasus Tindak Pidana Pencurian Dengan Kekerasan Menggunakan Senjata Api Korban Anggota Polri Tertembak Pelaku

Koja Rilis Curas Senpi

Pada hari Jumat tanggal 12 Mei 2017 pukul 14.00 wib, bertempat di Halaman Mapolsek Koja Jakarta Utara Jl. Bhayangkara 1 Kel. Tugu Utara Kec. Koja Jakarta Utara telah berlangsung Press Release kasus tindak pidana Pencurian dengan kekerasan menggunakan senjata api korban Anggota Polri dari Bhabinkamtibmas Polsek Koja Jakarta Utara a.n Aiptu Pardiwiyanto dan 1 orang warga Koja Jakarta Utara, hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Dwiyono, SiK, M.Si didampingi Wakasat Reskrim Polres Jakut Kompol Pujiyarto, SH, MH, Kapolsek Koja Kompol Supriyanto, SH, MH, Kasubbag Humas Polres Metro Jakut Kompol H.M Sungkono berikut para anggota Reskrim Polres Jakarta Utara dan Polsek Koja.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Dwiyono, SiK, M. Si mengatakan bahwa Polres Jakarta Utara bersama Polsek Koja berhasil melumpuhkan dengan menembak kearah dada pelaku Pencurian dengan kekerasan atas nama SOF, 17 tahun Warga Lampung Timur serta 1 orang lainnya masih dalam pencarian petugas.

Kapolres Metro Jakut Kombes Pol Dwiyono menyampaikan bahwa Barang bukti yang diamankan antara lain sepucuk senjata api rakitan jenis Revolver yang berisi 5 butir selongsong peluru, 17 anak mata kunci Letter T, 3 buah gagang kunci Letter T, 13 butir peluru, 1 buah Master alat pembuka Slot/Penutup kontak motor, sebuah alat gunting besi dan satu unit motor Honda Scoopy No.Pol B 3069 UHG berikut STNK nya.

Kronologi kejadian tersebut bermula pada hari Rabu tanggal 10 Mei 2017 sekitar pukul 20.00 WIB di Jalan Krisan RT.06/06 No.Y1 Kel. Rawa Badak Utara Kec. Koja Jakarta Utara, Polsek Koja Jakarta Utara menerima informasi dari masyarakat bahwa ada kejadian tindak pidana Pencurian dengan kekerasan kemudian atas dasar laporan tersebut Polres Metro Jakarta Utara bersama Polsek Koja Jakarta Utara ditindaklanjuti dengan cara melakukan quick respon dipimpin Wakasat Reskrim Polres Jakarta Utara didampingi Kapolsek Koja mendatangi TKP dan pada saat di TKP didampingi Sat Reskrim dan Unit Reskrim Polsek Koja.

Berdasarkan informasi pada waktu dan jam tersebut di TKP korban a.n HS bersama temannya selesai pulang kerja datang ke Cafe Steak untuk makan malam setelah sampai di TKP korban memarkirkan motornya di parkiran Cafe Steak tersebut lalu mengunci stang motornya dan masuk kedalam Cafe.

Tak selang beberapa lama korban mendengar hansip a.n AW berteriak “Maling-maling” lalu korban berdiri melihat ternyata motor korban yang diambil tersangka selanjutnya korban bersama-sama warga mengejar tersangka namun salah satu tersangka yang membawa motor korban salah jalan masuk ke gang buntu yang diportal kemudian tersangka berusaha memutarbalikkan motor dan saat berbalik ternyata tersangka dihadang oleh warga lalu menjatuhkan motornya dan mengeluarkan senjata api rakitan miliknya kemudian membuang tembakan sebanyak 3 kali ke udara sehingga warga takut namun masih banyak warga mengejar tersangka sampai Jalan Mawar IX RT 05/06 Kel. Tugu Utara Kec. Koja Jakut dan tersangka sempat berhasil dipegang oleh korban ST dimana pada saat itu korban ditembak di bagian paha kirinya.

Kapolres Metro Jakut menambahkan bahwa tersangka berusaha melarikan diri dan bersembunyi disalah satu rumah warga yang tak lama kemudian beberapa anggota Polres Jakut dan Polsek Koja datang dan hendak menangkap pelaku namun pada saat akan ditangkap pelaku melakukan perlawanan dengan menembak petugas dan ada salah satunya anggota tertembak oleh pelaku, anggota yang tertembak bernama Aiptu Pardiwiyanto yang bertugas di Polsek Koja sebagai Bhabinkamtibmas.

Setelah Polsek Koja menerima laporan Wakasat Reskrim Polres Metro Jakut dan Kapolsek Koja beserta Buser Polres dan Polsek Koja mengepung pelaku yang bersembunyi diatas atap rumah warga. Selanjutnya terjadi baku tembak di TKP tersebut melawan pada saat ingin ditangkap dengan terpaksa petugas melepaskan tembakan ke arah dada pelaku dikarenakan perbuatannya dinilai sangat membahayakan keselamatan warga sekitar dan petugas dan dilakukan tindakan “Diskresi Kepolisian” sebagaimana telah dilatihkan beberapa hari lalu di Mapolres Jakarta Utara.

Setelah pelaku berhasil dilumpuhkan lalu tersangka meninggal dunia ditempat tersebut dan sementara pelaku lainya berhasil melarikan diri dan sampai saat ini masih dalam pencarian. Kemudian korban yang terkena tembakan dibawa warga ke RS BPP dan pelaku bawa untuk diotopsi di RS Kramat Jati.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password