Curah Hujan Tinggi, Polisi Imbau Warga Waspada Bencana

img_2971Tribratanewspolri.go.id – Polres Brebes. Hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Brebes selama beberapa hari,  membuat jajaran Kepolisian Resor Brebes langsung mengimbau kepada warga Brebes, agar berhati-hati dan waspada terjadinya bencana alam, seperti longsor, angin puting beliung dan banjir maupun bencana lainnya.

Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan melalui Kabag Ops Polres Brebes Kompol Supriyadi mengatakan agar masyarakat benar-benar meningkatkan kewaspadaan selama musim penghujan ini.

“Masyarakat terutama yang berada di daerah lereng perbukitan maupun dekat aliran sungai, harus ekstra hati-hati. Karena curah hujan tinggi yang melanda kawasan Brebes ini, sejak kemarin hingga pagi tadi, bisa saja menjadi penyebab bencana alam, seperti longsor maupun banjir,” kata Kompol Suriyadi, Rabu (4/1/2017).

Menurut Kabag Ops, pihaknya juga sudah menerima laporan dari para Kapolsek adanya peningkatan debit air diberapa beberapa sungai yang ada dimasing-masing wilayah. Seperti Sungai Cisanggaraung di Kecamatan Losari, Sungai Babakan di Kecamatan Ketanggungan dan Sungai Pemali yang berada diwilayah Kota Brebes dan Kecamatan Wanasari.

Selain itu, beberapa hari yang lalu, diwilayah Kecamatan Salem telah terjadi amblesnya badan jalan penghubung Kecamatan Salem – Banjarharjo di desa Bandungsari.

Ditambahkan oleh Supriyadi, pihaknya juga telah menyiagakan petugas tanggap Bencana maupun Unit Reaksi Cepat (TRC) beserta sarana prasarananya. Selain itu juga telah dilakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Brebes untuk mengambil langkah-langkah jika bencana terjadi.

“Kami meminta agar masyarakat juga berhati-hati saat hujan turun. Segera lapor jika terjadi sesuatu hal yang membahayakan,” imbaunya.

Lebih jauh Kompol Supriyadi menambahkan, guna antisipasi dan deteksi dini terjadinya banjir maupun longsor, ia juga memerintahkan Polsek maupun Babinkamtibmas agar mengecek setiap daerah binaannya, terutama yang terdapat sungai atau rumah warga yang berada di lereng perbukitan.

“Ini wajib kita lakukan, agar deteksi dini terhadap situasi terkini, baik bencana alam maupun Kamtibmas lainnya, lebih cepat dan tanggap diatasi. Selain itu, lebih mudah untuk berkoordinasi dengan pihak terkait, dan tentunya agar selalu terpantau situasi Kamtibmas yang aman, damai dan kondusif,” pungkasnya. (Bripka Sarinto)

Admin Polri56290 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password